Share

Hindari 5 Kesalahan Fatal dalam Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun

Karina Asta Widara , Okezone · Rabu 23 November 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 11 2713498 hindari-5-kesalahan-fatal-dalam-membuat-laporan-keuangan-akhir-tahun-KthbOXmxJB.jpg Hindari 5 kesahalan ini saat membuat laporan keuangan/ Foto: Istimewa

JAKARTA- Setiap perusahaan membutuhkan laporan keuangan. Laporan keuangan merupakan salah satu hal terpenting yang diperlukan para pelaku usaha untuk mengetahui perkembangan bisnisnya selama periode waktu tertentu. Dengan membuat laporan keuangan, perusahaan dapat menentukan dan mengambil strategi yang tepat.

Tetapi, dalam prakteknya, terkadang masih terjadi beberapa kesalahan dalam membuat laporan keuangan perusahaan. Hal ini perlu dihindari karena bisa menyebabkan laporan keuangan perusahaan menjadi tidak akurat. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas 5 kesalahan fatal dalam membuat laporan keuangan akhir tahun.

Arti Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah laporan yang menyajikan kondisi keuangan suatu perusahaan kepada publik dan para pemangku kepentingan. Tujuan dari membuat laporan keuangan terutama saat akhir tahun, antara lain:

Memantau Kinerja Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan dibutuhkan untuk memantau pengeluaran dan pendapatan perusahaan, apakah sudah sesuai dengan ekspektasi. Arus kas perusahaan juga dapat dipantau untuk melihat apakah suatu perusahaan menghasilkan laba yang cukup untuk bertahan. Selain itu, laporan keuangan juga digunakan untuk membandingkan jumlah aset dan kewajiban, terutama untuk memantau apakah perusahaan memiliki jumlah aset yang cukup untuk melunasi seluruh kewajibannya saat jatuh tempo.

Mengevaluasi Stabilitas Keuangan Perusahaan

Dari laporan keuangan, dapat disusun berbagai rasio keuangan yang bisa dibandingkan dengan standar industri untuk mengevaluasi kinerja dan stabilitas keuangan suatu perusahaan. Perhitungan rasio ini dapat dipakai oleh publik untuk menentukan apakah mereka akan melakukan investasi atau tidak pada perusahaan tersebut.

Menjalankan Kewajiban

Setiap pelaku usaha memiliki kewajiban untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan bersama, yaitu bagi para stakeholder dan perusahaan itu sendiri.

Laporan yang Harus Dipersiapkan di Akhir Tahun

Perusahaan menggunakan laporan keuangan untuk mengevaluasi kondisi perusahaan dari berbagai perspektif. Beberapa laporan keuangan yang harus dipersiapkan oleh perusahaan di akhir tahun, antara lain:

Laporan Laba-Rugi

Laporan laba-rugi akhir tahun menyajikan ringkasan pendapatan dan pengeluaran perusahaan selama 12 bulan sebelum akhir tahun fiskal. Laporan laba-rugi digunakan untuk mengetahui apakah perusahaan mengalami rugi atau menghasilkan laba dan menunjukkan kinerja keuangan perusahaan.

Neraca

Laporan neraca menyajikan informasi mengenai jumlah aset, kewajiban, dan ekuitas suatu perusahaan. Laporan keuangan ini dapat digunakan untuk memeriksa likuiditas perusahaan dan kemampuannya untuk membayar utang, dengan cara membandingkan jumlah aset dan jumlah kewajiban.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas menyajikan informasi mengenai arus kas perusahaan yang berkaitan dengan aktivitas operasional, pendanaan, dan investasi. Laporan keuangan ini berguna untuk memeriksa bagaimana uang tunai yang dimiliki perusahaan digunakan dalam bisnis.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal merupakan laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai jumlah modal yang dimiliki oleh perusahaan beserta penyebab perubahan modal. Di dalam laporan keuangan ini, tersedia informasi tentang jenis dan jumlah setiap modal, penyebab perubahan modal, jumlah modal setelah perubahan, dan sebagainya.

Catatan atas Laporan Keuangan

Catatan atas Laporan Keuangan adalah laporan keuangan yang menyediakan informasi pengungkapan laporan keuangan. Laporan keuangan ini menjelaskan hal-hal yang dianggap perlu dengan menyertakan sebab dan alasannya. Contohnya, penjelasan tentang dividen, kebijakan akuntansi, dan lain-lain.

5 Kesalahan Fatal Saat Membuat Laporan Keuangan

Laporan keuangan yang disusun bisa menjadi tidak akurat apabila terjadi beberapa kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti human error, ketidakjujuran, dan kesalahan dalam menginterpretasikan angka. Berikut ini merupakan 5 kesalahan fatal yang mungkin terjadi saat membuat laporan keuangan.

1. Kesalahan Pencatatan Akun

Dalam membuat laporan keuangan, kesalahan mencatat akun mungkin saja terjadi. Hasilnya, nominal untuk akun tertentu menjadi tidak sesuai. Contohnya, penjualan kredit yang dicatat sebagai penjualan tunai.

2. Kesalahan Pencatatan Nominal

Kesalahan lainnya yang mungkin terjadi yaitu kesalahan saat mencatat nominal. Misalnya, kas masuk yang seharusnya dicatat sebanyak Rp10.000.000, namun dicatat sebanyak Rp1.000.000. Akibatnya, nominal yang muncul di laporan keuangan tidak akurat dan tidak sesuai dengan kenyataannya.

3. Kehilangan Bukti Transaksi

Saat mencatat transaksi, biasanya diperlukan bukti transaksi, seperti kuitansi, invoice, nota, dan bukti lainnya. Bukti transaksi ini digunakan untuk memeriksa kebenaran pencatatan transaksi. Tetapi sayangnya, masalah seperti ini masih sering terjadi. Banyak pelaku bisnis yang tidak menyimpan bukti-bukti transaksi perusahaan mereka dengan baik. Akibatnya, ketika diperlukan, mereka kesulitan untuk mencarinya.

4. Keuangan Perusahaan Tercampur dengan Keuangan Pribadi

Masalah ini masih sering dilakukan, terutama oleh para pelaku bisnis yang pemula. Hal ini dapat berpengaruh buruk pada pengembangan bisnis. Sebab, jika keuangan perusahaan dicampur dengan keuangan pribadi, informasi keuangan yang dihasilkan menjadi kabur dan Anda akan kesulitan untuk mengambil keputusan. Maka dari itu, penting untuk memisahkan keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi.

5. Tidak Mencatat Beberapa Kewajiban

Aset, kewajiban, dan biaya operasional merupakan beberapa hal yang sering luput dari pencatatan. Seringkali, para pelaku bisnis tidak mencatat kewajiban jangka panjang dan pendek dengan lengkap.

Tips Meminimalkan Kesalahan dalam Pembuatan Laporan Akhir Tahun

Pembuatan laporan keuangan memang harus dilakukan secara tepat dan akurat. Sebab, pencatatan yang tidak akurat akan memberikan dampak buruk bagi perusahaan. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti beberapa tips meminimalkan kesalahan dalam pembuatan laporan akhir tahun di bawah ini.

1. Menggunakan Software Akuntansi Beecloud

Atasi berbagai risiko terjadinya kesalahan membuat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi online Beecloud. Dengan software ini, Anda bisa menyusun laporan keuangan, seperti laporan laba-rugi, neraca, dan laporan arus kas secara real time. Hal ini dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pekerjaan serta menjaga kinerja keuangan perusahaan.

Software Beecloud dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang membantu perusahaan menyusun laporan keuangan yang akurat dengan mudah dan cepat. Software ini dapat diakses dengan mudah oleh penggunanya kapanpun dan dimanapun.

2. Konsisten dalam Melakukan Rekonsiliasi Bank

Melakukan rekonsiliasi bank secara konsisten dapat membantu Anda untuk mengetahui penyebab perbedaan laporan bank dengan catatan perusahaan. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengetahui jumlah saldo rekening giro. Agar kinerja keuangan perusahaan berjalan dengan baik, lakukan rekonsiliasi ini setiap hari. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui arus kas secara terperinci dan menyusun laporan keuangan dengan tepat waktu.

 

3. Melakukan Konsultasi

Apabila masih terdapat beberapa kesalahan yang belum teratasi dengan baik, Anda bisa melakukan konsultasi dengan ahlinya. Misalnya, Anda bisa melakukan konsultasi dengan senior, atasan, atau memakai jasa ahli pembukuan akuntansi yang bisa memberikan solusi yang tepat dalam membuat laporan keuangan perusahaan.

Itulah pembahasan mengenai beberapa kesalahan fatal yang mungkin terjadi saat membuat laporan keuangan akhir tahun. Untuk meminimalkan terjadinya kesalahan, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Beecloud. Dengan software akuntansi online Beecloud, Anda bisa segera mendapatkan laporan keuangan yang akurat dan terpercaya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(Wid)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini