nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sisir Bandara Komodo Labuhan Bajo, Petugas Pastikan Kelaikan Fasilitas

Humas Kementerian Perhubungan, Jurnalis · Kamis 04 Juli 2019 09:36 WIB

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terus berupaya menjamin keselamatan penerbangan yang secara rutin dilakukan ramp check/inspeksi, salah satunya pada Bandar Udara Komodo, Labuhan Bajo.

Inspeksi dilakukan inspektur dari Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali, meliputi manajemen bandar udara berupa informasi umum buku pendoman pengoperasian bandar udara (aerodrome manual), data atau informasi lokasi bandar udara yang dilaporkan kepada Aeronautical Information. Melaksanakan kontrol di area sisi udara, terdiri dari pemeriksaan kelaikan fasilitas pokok pelayanan seperti runway, taxiway dan apron.

Sementara di sisi lingkungan bandar udara dilakukan pengawasan terhadap kontrol obstacle, pemeriksaan dan system pelaporan, serta melakukan monitoring tindaklanjut hasil inspeksi keselamatan operasi bandara sebelumnya.

Inspeksi tersebut mengacu pada PM 41 tahun 2011 yang mempunyai tugas melaksanakan pengaturan, pengendalian, dan pengawasan kegiatan penerbangan di bandar udara. Tujuannya untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kelancaran pelayanan jasa angkutan udara.

 

(Humas Kementerian Perhubungan)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini