Antisipasi Cuaca Ektrem, PLN Kerahkan Teknisi Lakukan Pengecekan Gardu Induk

Arif Julianto/okezone, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2021 20:50 WIB
Petugas secara berkala melakukan thermovisi dengan alat thermogun di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Gandul Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis 25 Februari 2021.
 
PLN melalui Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat (UIT JBB) sebagai pengelola aset transmisi, melakukan pemeliharaan jaringan transmisi dan gardu induk secara berkala untuk menjaga keandalan pasokan pada sistem kelistrikan Jakarta hingga ujung barat pulau jawa.
 
Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen PLN dalam menjaga keandalan pasokan listrik sampai dengan pelanggan. Salah satu gardu induk yang memiliki peran vital dalam mensuplai kelistrikan Ibu Kota pada khususnya dan sistem kelistrikan Jawa Bali adalah Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kV Gandul. GITET Gandul mulai beroperasi sejak tahun 1984 dan merupakan salah satu project 500 kV pertama di Indonesia.
 
GITET Gandul mendapat suplai energy listrik dari dua sistem pembangkitan yaitu sistem barat dan sistem timur. Dari sistem barat GITET Gandul disuplai dari pembangkit suralaya melalui Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV Gandul-Lengkong 1 dan 2. Dari sistem timur GITET Gandul disuplai dari pembangkit paiton melalui SUTET 500 kV Gandul-Depok 1 dan 2. (Foto: OKEZONE/Arif Julianto)(ddk)

(Arif Julianto/okezone)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini