Tahun 2021 Geliat Pasar Ponsel Mulai Meningkat

Eko Purwanto/Sindo, Jurnalis · Senin 03 Mei 2021 22:30 WIB
Penjual menunggu konsumen di salah satu Pusat Perbelanjaan di kawasan, Jakarta Timur, Senin 3 Mei 2021.
 
Pasar ponsel di Indonesia diprediksi makin bergeliat di tahun 2021. Pandemi Covid-19 nyatanya tidak membuat penjualan ponsel suram. Ini sudah terbukti di tahun 2020. Tahun lalu, meski pandemi menghajar habis-habisan, pasar ponsel Indonesia masih bisa tumbuh meski angkanya tipis. Berdasarkan Quarterly Mobile Phone Tracker IDC, pengiriman smartphone di Indonesia mencapai 11,7 juta unit pada 4Q20.
 
Bila ditotal, sepanjang tahun 2020 ada 36,8 juta perangkat yang dikapalkan ke Tanah Air. Angka tersebut tumbuh 1% dari tahun sebelumnya. IDC memang melihat pasar mengalami penurunan tajam sebesar -18% YoY di paruh pertama tahun 2020. Penyebabnya penurunan tajam adalah penerapan lockdown di sejumlah daerah. Namun kemudian, pasar dapat pulih dengan cepat di paruh kedua 2020. IDC mencatat terjadi pertumbuhan sebesar 19% YoY. Hal ini didorong oleh tertahannya pembelian karena kekurangan pasokan dan penutupan ritel pada kuartal kedua.
 
Selain itu, peningkatan utilitas smartphone untuk mendukung berbagai aktivitas bekerja dan belajar dari rumah pun turut menyumbang pertumbuhan ini. (Foto: SINDO/Eko Purwanto)(ddk)

(Eko Purwanto/Sindo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini