Share

Uniknya Kompleks Tujuh Simposium Stroberi

Nur Januarita Benu, Okezone · Sabtu 17 Maret 2012 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 17 474 595070 zrdIrd2Lho.jpg Kompleks gedung simposium stroberi China (foto: dok.Dada Architectural Design)

BEIJING - Sebuah komplek seluas 50.000 meter persegi (m2) di Beijing, China diisi oleh tujuh gedung simposium yang berbentuk stroberi. Gedung ini sengaja dibuat menyerupai buah stroberi, karena lokasinya merupakan kawasan pertanian yang terkenal dengan budidaya dan produksi buah manis ini.

Di gedung inilah para ilmuwan holtikultura dan petani stroberi sering membuat forum untuk bertukar ide dan melakukan kolaborasi produksi. Kompleks gedung ini terdiri dari pusat pelatihan, convention center, dan pabrik yang didesain oleh Dada Architectural Design dari China.

Seperti dikutip Archdaily, Sabtu (17/3/2012), tepi kanan kiri bangunan dibuat seperti cangkang lengkung putih dengan pola gerbang khas tradisional China. Bahan pelapis dindingnya menggunakan bahan SRC, yang merupakan panel beton komposit menggunakan material  fiberglass, sehingga lebih murah dan perawatannya mudah, dan tentunya tahan lama.

Selain itu, panel prefabrikasi memungkinkan proses pembangunan ketujuh gedung ini dapat dilakukan hanya dalam waktu delapan bulan saja. Proyek ini juga merupakan perintis dalam pemanfaatan teknologi prefabrikasi dalam aplikasi eksterior bangunan di Negeri Tirai Bambu ini.

Tujuan utama pembangunan gedung ini adalah untuk membuat sebuah ikon yang melambangkan hasil buah stroberi yang selama ini menjadi komoditi usaha daerah ini. Dengan fasad bangunan yang dibuat lubang-lubang yang mengacu pada bentuk organik stroberi.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini