DP KPR Besar Menjamin Keseriusan Pembelian Rumah

Nur Januarita Benu, Jurnalis · Selasa 27 Maret 2012 11:26 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 27 471 600324 BBFvvj7IP9.jpg Ilustrasi (foto: lamorindarealestateblog)

JAKARTA - Besaran uang muka atau down payment (DP) untuk kredit kepemilikan rumah (KPR) sebesar 30 persen yang telah ditetapkan Bank Indonesia dapat menjadi tolak ukur keseriusan seseorang dalam membeli rumah impian.

"Uang muka itu merupakan bukti kepemilikan orang itu punya keseriusan. Jangan sampai bank yang akhirnya menanggung risiko," kata Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN) Iqbal Latanro, kepada okezone, di MNC Tower, Jakarta, Senin (26/3/2012).

Menurut Iqbal dengan uang muka yang besar akan mendorong kesungguhan calon debitur dalam mengumpulkan total uang muka yang ditetapkan serta berusaha memabayar cicilan yang diwajibkan setiap bulannya tanpa menunda-nunda.

"Jika dari awal uang mukanya sudah berat, otomatis ke depannya si debitur akan tidak mudah melepaskan rumah yang telah dibayarkan DP-nya itu. Ini sekaligus meminimalkan potensi kredit macet ," paparnya.

Dia melanjutkan, calon debitur pun harus punya kesiapan modal jika ingin membeli rumah melalui KPR dan tidak mangkir pada cicilan yang dibebankan padanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini