Pahlawan Papua Diusulkan Jadi Ikon Rupiah

ant, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2016 15:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 13 278 1387583 pahlawan-papua-diusulkan-jadi-ikon-rupiah-betQb8Tcx2.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)

MANOKOWARI - Bank Indonesia (BI) perwakilan Papua Barat, akan mengusulkan gambar pahlawan nasional asal Papua sebagai ikon mata uang rupiah. Pada akhir 2014 lalu, uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah diluncurkan. Dalam waktu dekat seluruh mata uang rupiah akan diganti dengan uang NKRI.

Kepala Kantor BI Perwakilan Papua Barat Henry Tanor mengatakan usulan tersebut akan segera disampaikan ke kantor BI pusat. "Pada cetakan berikutnya akan mengambil seri pahlawan. Kami berupaya agar pahlawan dari Papua masuk sebagai ikon mata uang NKRI tersebut," kata dia di Manokwari, Jumat (13/5/2016).

Dia mengakui, proses pengusulan ini tidak gampang, karena membutuhkan waktu dan proses yang panjang baik melalui Kementerian Sosial maupun persetujuan DPR.

Henri menjelaskan, sebagaimana para pahlawan yang lain, pahlawan asal Papua patut dikenang. Sebuah kebanggaan bagi Papua jika pahlawan di daerah tersebut masuk dalam ikon mata uang rupiah.

Selain pahlawan, dia juga berharap, seluruh ornamen-ornamen Papua yang lain seperti burung Cendrawasih, dan rumah adat terakomodir dalam ikon mata uang. Terkait rencana pengusulan tersebut, dari sekian banyak pahlawan Papua pihaknya baru bisa mengusulkan satu nama.

Dia berharap pahlawan yang lain dapat terakomodir pada pencetakan uang berikutnya. Di Papua memiliki sejumlah pahlawan nasional antara lain, Silas Parepare, Frans Kaisiepo, Marthen Indey, Johanes Abraham Dimara.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini