Image

Glossary

  • Abuse of Process

    Suatu aksi yang memboroskan waktu atau yang menggannggu, misalnya mengajukan kembali suatu perkara yang sudah diputuskan oleh pengdilan yang berwenang adalah pemakaian hak sewenang-wenang. Pengadilan itu dapat tinggal diam atau membubarkan aksi yang demikian.

  • Akuisisi

    Penggabungan badan usaha dengan cara menguasai sebagian besar saham badan usaha lain. Dengan akuisisi, dua atau lebih badan usaha tersebut tetap eksis secara hukum dan badan usaha yang menguasai saham paling besar menjadi induk perusahaan yang harus menyajikan laporan keuangan konsolidasi. Jadi, pada prinsipnya saham atau aset dari suatu perusahaan dibeli atau diambil alih oleh pihak lain baik perusahaan atau perorangan.

  • Agen Penjual

    Perusahaan Efek yang ditunjuk sebagai agen untuk menjual saham baru kepada masyarakat.

  • Afiliasi

    Hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua, baik secara horisontal maupun vertikal. Hubungan antara pihak dengan pegawai direktur atau komisaris dari pihak tersebut. Hubungan antara perusahaan dengan pihak yang secara langsung atau tidak langsung mengendalikan, dikendalikan, atau di bawah suatu pengendalian dari perusahaan tersebut atau, Hubungan antara perusahaan dengan pemegang saham utama.

  • Agio

    Nilai yang dimaksudkan ke dalam modal sendiri yang berasal dari selisih harga jual dikurangi nilai pari suatu emisi saham yang berasal dari dalam portepel dan dicatat di dalam akun (rekening) tersendiri yang juga bernama AGIO.

  • Aktiva Tidak Berwujud (Intangible Asset)

    Aktiva nonmoneter yang dapat diidentifikasi dan tidak memiliki wujud fisik serta dimiliki untuk digunakan dalam menghasilkan barang atau jasa, disewakan kepada pihak lainnya, atau untuk tujuan administratif.

  • Bad Faith

    Pada umumnya ialah yang bertalian dengan fraud yang sebenarnya atau yang direncanakan, atau maksud untuk menipu atau memalsu; suatu kelalaian atau penolakan dengan sengaja untuk memenuhi suatu kewajiban atau utang. An act in bad faith adalah suatu tindakan yang tidak dipenuhi oleh suatu kekhilafan yang jujur atau karena tidak mengetahui, akan tetapi oleh suatu motif yang jahat atau yang mementingkan diri sendiri.

  • Balance Sheet

    Suatu pernyataan mengenai aktiva dan pasiva sesuatu perusahaan pada suatu waktu tertentu, seperti yang dibedakan dari suatu income statement, yakni yang memberi laporan tentang apa yang telah terjadi selama suatu jangka waktu.

  • Batasan Pada Jaminan Nasabah

    Nilai maksimum dari Efek dan atau saldo kredit yang dapat ditahan oleh Perusahaan Efek sebagai jaminan penyelesaian pesanan terbuka dan kewajiban nasabah lainnya yang tidak termasuk kewajiban dalam Rekening Efek Marjin.

  • Batasan Pada Jaminan Nasabah

    Nilai maksimum dari Efek dan atau saldo kredit yang dapat ditahan oleh Perusahaan Efek sebagai jaminan penyelesaian pesanan terbuka dan kewajiban nasabah lainnya yang tidak termasuk kewajiban dalam Rekening Efek Marjin.

  • Biro Administrasi Efek

    Pihak yang berdasarkan kontrak dengan Emiten melaksanakan pencatatan pemilikan Efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan Efek.

  • Book-Entry Settlement

    Penyelesaian Transaksi dilakukan dengan mendebit dan mengkredit Efek pada rekening kustodian.

  • Blue Chip

    Saham blue chip atau blue chip Stocks, merupakan saham biasa dari suatu perusahaan yang memiliki reputasi tinggi, sebagai leader di industri sejenis, memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen.

  • Brexit

    Brexit alias British Exit adalah pristiwa kala Inggris meninggalkan zona Uni Eropa

  • Cabotage

    Asal mulanya dari bahasa Prancis, yakni pelayaran melalui pantai seperti yang dibedakan dari pelayaran atau perdagangan samudra. Sekarang dalam dunia pengangkutan udara, adalah operasi-operasi dalam negeri berlainan dengan operasi internasional.

  • Capital, Invested

    Suatu istilah yang kadang-kadang dipakai untuk menggambarkan jumlah uang tunai dan aktiva yang dibayarkan ke dalam suatu perusahaan plus semua surplus yang diperoleh yang dikembalikan kepada perusahaan itu. Jadi, ia adalah suatu sinonim untuk the net worth daripada suatu perusahaan. Biasa juga disebut dengan istilah Kapital yang ditanam.

  • Capital, Equity

    Suatu istilah untuk bagian dari dana yang dipakai dalam suatu perusahaan yang telah ditanamkan atau diinvestasikan oleh para pemiliknya, bukan yang dipinjamkan oleh para kreditur. Secara bebas diartikan, suatu surat efek, seperti saham biasa, yang mewakili kepemilikan dalam suatu perusahaan.

  • Calon Perusahaan Tercatat

    Perseroan Terbatas yang telah mengajukan surat permohonan pencatatan Efeknya di Bursa.

  • Capital Asset Pricing Model (CAPM)

    Suatu teori penetapan harga aktiva dimana tingkat pengembalian dari aktiva atau surat berharga tersebut adalah sebesar tingkat bunga bebas risiko ditambah dengan faktor penyesuaian sebesar risk premium dikalikan dengan risiko sistematik aktiva tersebut.

  • Capital Gain

    Keuntungan yang diperoleh karena perbedaan antara harga beli dan harga jual suatu efek. Apabila perbedaan tersebut bersifat negatif (rugi) disebut capital loss.

  • Conflict of Interest (benturan kepentingan)

    Perbedaan antara kepentingan ekonomis perusahaan dengan kepentingan ekonomis pribadi direktur, komisaris, atau pemegang saham utama perusahaan.

  • Cash flow

    Biasa di sebut aliran kas, merupakan sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan. Dengan kata lain, aliran kas yang terdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode.

  • Capital Expenditure (capex)

    Atau pengeluaran modal, adalah investasi dalam bentuk asset atau infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diperlukan untuk memberikan, memperluas dan atau meningkatkan kualitas layanan public. Nilai buku asset akan disusut (depresiasi) selama umur ekonomisnya yang wajar (kecuali tanah).Yang termasuk Capex antara lain : pembangunan atau pembelian jaringan, server dan PC, perangkat lunak, bangunan, dan tanah.

  • Date of Exportation

    Hari tanggal barang dagangan meninggalkan suatu negara menurut kenyataannya. Pemungut bea biasanya menganggap atau menetapkan harga pasar barang-barang yang diekspor itu sebagai harga pada hari yang tertentu itu.

  • Default (Kelalaian)

    Kekhilafan atau kelalaian untuk melaksanakan atau memenuhi suatu kewajiban atau utang; kelalaian untuk memenuhi suatu utang bilamana sudah habis temponya; terutama yang di bawah kontrak. Misalnya saja kelalaian melakukan pembayaran promisory note, obligasi atau hipotek atau suatu dividen, atau pembayaran bunga atas suatu obligasi atau surat efek lainnya, bilamana sudah habis temponya.

  • Daftar Hasil Kliring Netting (DHK Netting)

    Dokumen elektronik hasil Kliring secara Netting yang dilakukan oleh KPEI yang berisikan hak dan kewajiban setiap Anggota Bursa Efek yang timbul dari Transaksi Bursa yang terjadi di Pasar Reguler dan Pasar Tunai.

  • Daftar Hasil Kliring Netting (DHK Netting)

    Dokumen elektronik hasil Kliring secara Netting yang dilakukan oleh KPEI yang berisikan hak dan kewajiban setiap Anggota Bursa Efek yang timbul dari Transaksi Bursa yang terjadi di Pasar Reguler dan Pasar Tunai.

  • Daftar Kurs Efek (DKE)

    Daftar Kurs Efek (DKE) daftar harian yang diterbitkan bursa efek yang memuat keterangan tentang efek yang tercatat, kurs efek, volume, nilai dan frekuensi transaksi, tawaran beli jual, indeks harga saham dan lain-lain yang berkaitan dengan transaksi bursa.

  • Daftar Kurs Efek (DKE)

    Daftar harian yang diterbitkan bursa efek yang memuat keterangan tentang efek yang tercatat, kurs efek, volume, nilai dan frekuensi transaksi, tawaran beli jual, indeks harga saham dan lain-lain yang berkaitan dengan transaksi bursa.

  • Depresiasi

    Atau penyusutan, adalah alokasi jumlah suatu aktiva yang dapat disusutkan sepanjang masa manfaat yang diestimasi. Penyusutan untuk periode akuntansi dibebankan ke pendapatan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

  • Debt Ratio

    Merupakan total utang berbanding total aset. Rasio ini mengukur seberapa banyak aset yang dibiayai oleh hutang. Misalnya, rasio hutang 30 persen artinya, 30 persen dari aset dibiayai oleh hutang. Rasio hutang bisa berarti buruk pada situasi ekonomi sulit dan suku bunga tinggi, dimana perusahaan yang memiliki debt rasio yang tinggi dapat mengalami masalah keuangan, namun selama ekonomi baik dan suku bunga rendah maka dapat meningkatkan keuntungan.

  • Eased Off

    Suatu istilah yang dipakai di bursa efek dan komoditi apabila hal itu menunjukkan suatu reduksi atau pengurangan dalam harga-harga itu secara berangsur dan kecil.

  • Earning Asset

    Suatu istilah yang dipakai untuk investasi tertentu yang dibebani bunga modal dan yang diselenggarakan atau dikuasai oleh The Unitede Federal Reserve Banks. Investasi yang demikian dapat berupa uang kertas bank-bank anggota yang terjamin, uang yang didiskontokan untuk bank-bank anggota dan untuk federal reserve banks lainnya, bermacam-macam surat-surat wesel, dan dengan syarat-syarat tertentu, obligasi Amerika Serikat, sertifikat-sertifikat dan surat-surat utang.

  • Efek

    Surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.

  • Efek

    Surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.

  • Efek Beragun Aset Arus Kas Tetap

    Efek beragun aset arus kas tetap efek beragun aset yang memberikan hak kepada pemegangnya menerima pembayaran dengan jadwal tertentu, walaupun jadual pembayaran tersebut dapat berubah karena keadaan tertentu.

  • Efek Beragun Aset Arus Kas Tidak Tetap

    Efek beragun aset yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk menerima pembayaran secara bersyarat dan dalam jumlah yang tidak tetap.

  • Fair Trade

    Secara umum merupakan satu perdagangan atau usaha yang dituntun oleh ukuran-ukuran etis atau menurut hukum. Pada khususnya, adalah praktek penjualan barang dagangan secara eceran dengan harga-harga yang diperincikan oleh pabrikan atau oleh pedagang besar.

  • Factory (Pabrik)

    Suatu gedung atau bangunan di mana barang-barang atau bahan-bahan dibuat. Factory adalah suatu istilah yang lebih sempit daripada PLANT, karena suatu plant mungkin adalah suatu usaha yang tidak berfungsi membuat, seperti misalnya, suatu gudang, pencucian, kantor, telepon, dan sebagainya.

  • Fixed Asset (Aktiva Tetap)

    Setiap aktiva dalam neraca yang dipertimbangkan mempunyai umur atau kegunaan untuk bisnis melebihi satu tahun, seperti tanah, bangunan, dan mesin.

  • Firm Manager (Koordinator WPPE)

    WPPE yang disamping bertugas sebagai pelaksana perdagangan, juga ditunjuk oleh Anggota Bursa untuk mengkoordinasikan para WPPE lainnya dari Anggota Bursa yang bersangkutan dalam melaksanakan perdagangan di Bursa Efek Indonesia sesuai dengan Peraturan ini.

  • Force Majeure

    Force Majeure Pperistiwa dan atau keadaan yang terjadi di luar kehendak dan atau kemampuan Bursa yang mengakibatkan sistem perdagangan Efek di Bursa tidak berfungsi sebagaimana mestinya, peristiwa dan atau keadaan mana termasuk tetapi tidak terbatas pada perang baik yang dinyatakan secara resmi maupun tidak resmi, pemberontakan, kebakaran, banjir, gempa bumi, huru-hara, sabotase, pemogokan, larangan atau pembatasan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, dan peristiwa atau keadaan lainnya yang sejenis.

  • General Fund

    Dalam bidang tata buku pemerintah, ialah fund atau dana yang dipakai untuk menanggung pendapatan dan pengeluaran yang tidak ditunjuk atau diperuntukkan bagi maksud-maksud tertentu oleh undang-undang atau persetujuan berdasarkan kontrak.

  • Gain (Tambahan, Perolehan)

    Tambahan atau kenaikan dalam suatu jumlah kuantitas, terutama dalam pemilikan atau sumber-sumber kekayaan. Dalam dunia usaha, ini biasanya diukur sebagai selisih kelebihan pada akhir suatu periode di atas jumlah pada awal periode itu.

  • Go Public

    Penawaran umum (saham atau obligasi) yang dilakukan perusahaan kepada publik.

  • Go Public (penawaran umum saham)

    Penawaran umum (saham atau obligasi) yang dilakukan perusahaan kepada publik.

  • Gross National Product (GNP)

    Atau Produk Nasional Bruto (PNB) adalah total produksi barang dan jasa yang diproduksi oleh penduduk negara tersebut. Baik yang bertempat tinggal atau berdomisili di dalam negeri, maupun yang berada di luar negeri dalam suatu periode tertentu.

  • Gross domestic product (GDP)

    Atau Produksi domestik bruto (PDB) adalah penjumlahan seluruh barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara. Baik oleh perusahaan dalam negeri, maupun oleh perusahaan asing yang beroperasi di dalam negara tersebut, pada suatu waktu atau periode tertentu.

  • Heavy Market

    Dalam perdagangan efek dan komoditi adalah suatu istilah yang dipakai untuk menggambarkan keadaan penawaran yang melebihi permintaan demikian rupa, sehingga harga-harga menurun.

  • Handicraft Economy

    Suatu perekonomian yang timbul bersama-sama dengan pertumbuhan kota-kota pada abad ke-14 dan ke-15, ketika tukang-tukang besi mengerjakan keahliannya, atau melakukan perdagangan biasanya di dalam rumahnya atau di dalam toko kecil, dengan tujuan akan menghasilkan barang-barang untuk diperjual-belikan.

  • Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD)

    Hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham yang ada untuk membeli Efek baru, termasuk saham, Efek yang dapat dikonversikan menjadi saham dan waran, sebelum ditawarkan kepada Pihak lain. Hak tersebut harus dapat dialihkan.

  • Halting

    Penghentian sementara perdagangan atas suatu saham di Bursa Efek, karena terjadi kenaikan/penurunan harga yang signifikan tanpa didukung adanya informasi yang relevan.

  • Harga Previous

    Harga penutupan pada hari bursa sebelumnya yang menjadi patokan pada pra-pembukaan, atau pada pembukaan perdagangan.

  • Harga Penutupan (Closing Price)

    Harga yang terbentuk berdasarkan penjumpaan penawaran jual dan permintaan beli efek yang dilakukan oleh anggota bursa efek yang tercatat pada akhir jam perdagangan di pasar reguler.

  • Immovables

    Objek dan harta milik yang tidak bergerak dan tidak dapat dipindahkan. Dalam undang-undang, istilah ini tidak hanya meliputi tanah, akan tetapi juga gedung-gedung, pohon-pohon dan semua barang yang berdiri di atas tanah itu.

  • Incumbent (Pemegang jabatan)

    Orang yang sekarang mempunyai jabatan atau kedudukan; orang yang secara sah dan layak diberi kekuasaan untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban sesuai jabatan.

  • Indeks Harga Saham

    Indikator pergerakan harga saham yang menggambarkan trend pergerakan pasar saham.

  • Informasi atau Fakta Material

    Informasi atau fakta penting dan relevan mengenai peristiwa, kejadian, atau fakta yang dapat mempengaruhi harga Efek pada Bursa Efek dan atau keputusan pemodal, calon pemodal, atau Pihak lain yang berkepentingan atas informasi atau fakta tersebut.

  • Izin Perseorangan (Individual License)

    lzin yang diberikan kepada perorangan untuk menjalankan kegiatan usaha, misalnmya sebagai wakil penjamin emisi efek, wakil perantara-pedagang efek atau Penasehat Investasi.

  • Indeks Harga Produksi (IHP)

    Atau Producer Price Index (PPI) adalah indeks yang mengukur rata-rata perubahan harga yang di terima oleh produsen domestik, untuk setiap output yang dihasilkan dalam setiap tingkat proses produksi. Data PPI dikumpulkan dari berbagai sektor ekonomi terutama dari sektor manufaktur, pertambangan, dan pertanian. Index CPI dan PPI digunakan oleh seorang Trader sebagai indikator untuk mengukur tingkat inflasi yang terjadi.

  • Indeks Harga Konsumen (IHK)

    Atau Consumer Price Index (CPI) adalah indikator yang digunakan untuk mengukur rata-rata perubahan harga eceran dari sekelompok barang dan jasa tertentu.

  • Joint Combination Rate

    Di bidang pengakutan ialah suatu tarif gabungan, joint rate, yang didapat dengan menggabungkan dua tariff atau lebih, yang diumumkan dalam satu tarif.

  • Job Discription

    Suatu gambaran atau keterangan yang sedikit banyak diperincikan mengenai kewajiban, keperluan dan hal-hal lainnya yang penting mengenai suatu pekerjaan atau kedudukan guna tujuan penetapan tariff pembayarannya, dan guna pengisian posisi itu.

  • Jakarta Automated Trading System (JATS)

    Sistem perdagangan Efek yang berlaku di Bursa untuk perdagangan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana komputer.

  • Jakarta Automated Trading System (JATS)

    Sistem perdagangan Efek yang berlaku di Bursa untuk perdagangan yang dilakukan secara otomasi dengan menggunakan sarana komputer.

  • Jakarta Stock Exchange Open Network Environment Server (JONES)

    Sarana di Bursa yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan oleh bursa untuk meneruskan pesanan jual dan atau permintaan beli dari anggota bursa efek ke JATS sesuai dengan panduan remote trading.

  • Jakarta Stock Exchange Open Network Environment Server (JONES)

    Sarana di Bursa yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan oleh Bursa untuk meneruskan pesanan jual dan atau permintaan beli dari Anggota Bursa Efek ke JATS sesuai dengan Panduan Remote Trading.

  • JOTS Trader

    Pegawai anggota bursa efek yang telah lulus pelatihan perdagangan opsi saham yang diselenggarakan bursa dan didaftarkan di bursa untuk mewakili Anggota Bursa (AB) efek, dalam melaksanakan perdagangan efek di bursa. Perdagangan dilaksanakan melalui JOTS sesuai dengan peraturan bursa.

  • Kickback

    Suatu pembayaran, oleh seseorang pekerja kepada majikannya atau mandornya untuk dapat memperoleh atau mempertahankan pekerjaan, atau penyerahan sebagian daripada upahnya kepada seorang majikan atau kepada seorang petugas perserikatan buruh sesuai dengan suatu persetujuan Pribadi. Kadang-kadang hal ini adalah suatu syarat kerja.

  • Key Industry

    Suatu industri yang, karena besarnya, letaknya yang strategis, hasilnya produknya yang luarbiasa pentingnya, atau karena cirri-cirinya yang lain, mempunyai pengaruh yang besar sekali dalam bidang usahanya pada khususnya atau dalam perekonomian sebagai suatu keseluruhan pada umumnya.

  • Kepemilikan Manfaat (Beneficial Ownership) Atas Efek

    Hak pemegang rekening Efek atas manfaat tertentu berkaitan dengan Efek yang dicatat dalam Penitipan Kolektif dalam rekening Efek pada Perusahaan Efek.

  • Kepemilikan Terdaftar (Registered Ownership) Atas Efek

    Hak pemegang Efek terhadap Emiten Efek tersebut berkaitan dengan Efek yang terdaftar dalam buku Emiten atas nama pemegang Efek.

  • Komite Audit

    Komite yang dibentuk oleh dewan komisaris perusahaan tercatat yang anggotanya diangkat dan diberhentikan oleh dewan komisaris perusahaan tercatat. Tugasnya untuk membantu dewan komisaris perusahaan tercatat melakukan pemeriksaan atau penelitian yang dianggap perlu terhadap pelaksanaan fungsi direksi dalam pengelolaan perusahaan tercatat.

  • Komite Audit

    Komite yang dibentuk oleh dewan komisaris perusahaan tercatat yang anggotanya diangkat dan diberhentikan oleh dewan komisaris perusahaan tercatat untuk membantu dewan komisaris perusahaan tercatat melakukan pemeriksaan atau penelitian yang dianggap perlu terhadap pelaksanaan fungsi direksi dalam pengelolaan perusahaan tercatat.

  • Kontrak Investasi Kolektif

    Kontrak antara Manajer Investasi (BI) dan bank kustodian yang mengikat pemegang unit penyertaan di mana MI diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan bank kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan penitipan kolektif.

  • Kontrak Investasi Kolektif

    Kontrak antara Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang mengikat pemegang Unit Penyertaan dimana Manajer Investasi diberi wewenang untuk mengelola portofolio investasi kolektif dan Bank Kustodian diberi wewenang untuk melaksanakan Penitipan Kolektif.

  • Labor Leader

    Seseorang yang hidupnya dari pengabdian seluruh waktu dan tenaganya kepada kegiatan-kegiatan serikat pekerja. Biasanya, dia adalah seorang pegawai atau kepala, pemimpin titular dari suatu serikat pekerja.

  • Labor Contract

    Suatu persetujuan yang tercapai antara Collective Bargaining antara seseorang majikan dan pekerja-pekerja, seperti yang diawali oleh suatu serikat pekerja, yang meliputi soal-soal upah, syarat-syarat kerja dan faktor-faktor lain yang bertalian dengan pekerjaan itu.

  • Laporan Keuangan

    Laporan yang berisi informasi keuangan perusahaan yang terdiri dari komponen-komponen Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

  • Laporan Keuangan

    Laporan yang berisi informasi keuangan perusahaan yang terdiri dari komponen-komponen Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan.

  • Limit Order (amanat terbatas)

    Amanat jual atau beli efek tertentu dari suatu perusahaan yang dilaksanakan pada batas harga yang ditetapkan atau amanat jual beli sekuritas pada batas harga tertentu.

  • Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP)

    Lembaga yang menyelenggarakan jasa penyimpanan dan penyelesaian dengan tujuan agar transaksi bursa berjalan teratur, wajar, dan efisien. Sebagai SRO, LPP menetapkan peraturan mengenai kegiatan penyimpanan dan penyelesaian transaksi bursa termasuk ketentuan mengenai pemakaian biaya jasa.

  • Limit Order (amanat terbatas)

    Amanat jual atau beli efek tertentu dari suatu perusahaan yang dilaksanakan pada batas harga yang ditetapkan atau amanat jual beli sekuritas pada batas harga tertentu.

  • Lock Up

    Suatu intilah yang menunjukkan bahwa suatu surat berharga atau saham tidak boleh diperjualbelikan dalam kurun waktu tertentu.

  • Market Planning

    Proses dalam menentukan tujuan-tujuan suatu perusahaan mengenai marketing activity, dan menetapkan atau menentukan waktunya tindakan-tindakan apa yang perlu diambil untuk mencapai tujuan-tujuan itu, yakni sales planning.

  • Make the cash

    Suatu istilah yang dipakai dalam perdagangan eceran untuk menggambarkan proses dalam menetapkan apakah uang tunai dalam kas, sesudah penerimaan-penerimaan dan pembayaran-pembayaran, berimbang dengan catatan penjualan dan pembayaran-pembayaran. Mencocokkan saldo kas.

  • Management Stock Option Program (MSOP)

    Program kepemilikan saham oleh Direksi dan Komisaris yang dilakukan melalui Penawaran Saham atau Penawaran Opsi Saham dalam rangka kompensasi kepada Direksi dan Komisaris.

  • Manajer Investasi

    Manajer Investasi adalah Pihak yang kegiatan usahanya mengelola Portofolio Efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Market to Book Value

    Market to Book Value (nilai pasar terhadap nilai buku) Hubungan antara harga pasar saham biasa saat ini dan nilai buku yang tercatat, suatu rasio yang sering kali digunakan dalam mempertimbangkan kinerja saham perusahaan.

  • National Debt

    Utang suatu pemerintah Pusat, yang dibedakan dari utang-utang pemerintah daerah/pemerintah negara bagian menurut ilmu tata negara, dan utang daripada orang-orang partikelir yang berkedudukan badan hukum dan karena sudah lazimnya.

  • Nilai Kapitalisasi Saham

    Hasil perkalian antara jumlah saham yang akan dicatatkan dengan harga saham perdana untuk perusahaan yang melakukan penawaran umum atau harga saham di Bursa untuk Perusahaan Tercatat.

  • Nilai Penawaran Secara Keseluruhan

    Jumlah uang dan nilai jasa, kekayaan, surat utang, kompensasi utang, atau imbalan lain yang akan diterima oleh Pihak yang menawarkan sehubungan dengan penawaran Efek.

  • Netting

    Kegiatan Kliring yang menimbulkan hak dan kewajiban bagi setiap anggota kliring untuk menyerahkan atau menerima saldo efek tertentu untuk setiap jenis efek yang ditransaksikan dan untuk menerima atau membayar sejumlah uang untuk seluruh efek yang ditransaksikan.

  • Net Profit Margin

    Atau margin pendapatan bersih, merupakan pendapatan bersih berbanding total penjualan. Net Profit Margin adalah rasio tingkat profitabilitas, dihitung dengan cara membagi keuntungan bersih dengan total penjualan. Rasio ini, menunjukan keuntungan bersih dengan total penjualan yang di peroleh dari setiap penjualan.

  • Official Exchange Rate

    Harga dalam hubungannya dengan atau yang dinyatakan dalam waluta sendiri, yang kekuasaan moneter sesuatu negara tertentu bersedia akan membayar untuk valuta negara-negara lainnya. Kurs ini seringkali dapat berlainan dengan kurs free market.

  • Offset

    Mengimbangi atau menetralisir; membukukan sesuatu pos pada suatu rekening atau perkiraan perusahaan yang memperbaiki kembali neracanya, atau yang berlawanan dengan akibat daripada pembukuan sebelum itu. Pembukuan semacam itu terkenal sebagai suatu offsetting or balancing entry.

  • Obligasi (bond)

    Sertifikat bukti utang dan dikeluarkan oleh suatu perseroan terbatas atau institusi tertentu baik pemerintah maupun lembaga lainnya dengan tujuan mendapatkan modal.

  • Obligasi (bond)

    Sertifikat bukti utang dan dikeluarkan oleh suatu perseroan terbatas atau institusi tertentu baik pemerintah maupun lembaga lainnya dengan tujuan mendapatkan modal.

  • Over the Counter Market (OTC)

    Merupakan pasar di luar bursa saham di mana harga dari sekuritas ditentukan dengan sistem negosiasi (tawar menawar) antara investor dan dealer/broker.

  • Operational Expenditure (Opex)

    Adalah pengeluaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam rangka menjaga tingkat dan kualitas layanan. Yang bisa dimasukkan dalam kriteria opex antara lain: biaya gaji, lembur, biaya sewa alat, biaya overhead, Alat tulis Kantor (ATK) dan lain-lain.

  • Paramater

    Dalam ilmu ekonomi ialah suatu konstante, di dalam suatu sistem yang berubah-ubah hanya apabila seluruh sistem itu berubah.

  • Price & Time Priority

    Prioritas dalam melakukan transaksi efek di Bursa Efek (di Pasar Reguler), dimana pihak yang menawarkan harga paling tinggi untuk membeli atau paling rendah untuk menjual akan mendapatkan prioritas dalam suatu transaksi, sementara penawaran pada harga yang sama baik untuk beli maupun untuk jual, prioritas diberikan kepada siapa yang lebih dahulu memasukkan penawaran tersebut.

  • Parent Company

    Suatu perusahaan yang memiliki dan mengendalikan sejumlah maskapai-maskapai (perusahaan-perusahaan) cabang. Kerapkali mengawasi hak-hak paten yang dipakai oleh kantor-kantor cabangnya.

  • Papan Utama

    Papan pencatatan yang disediakan untuk mencatatkan saham dari perusahaan yang memiliki Aktiva Berwujud Bersih sekurang-kurangnya Rp 100.000.000.000,- (seratus miliar rupiah) dan memiliki pengalaman operasional sekurang-kurangnya 36 (tiga puluh enam) bulan.

  • Papan Utama

    Papan pencatatan yang disediakan untuk mencatatkan saham dari perusahaan yang memiliki Aktiva Berwujud Bersih sekurang-kurangnya Rp 100.000.000.000,- (seratus miliar rupiah) dan memiliki pengalaman operasional sekurang-kurangnya 36 (tiga puluh enam) bulan.

  • Peleburan Usaha

    Perbuatan hukum yang dilakukan oleh dua perseroan atau lebih untuk meleburkan diri dengan cara membentuk satu perseroan baru dan masing-masing perseroan menjadi bubar.

  • Peleburan Usaha

    Perbuatan hukum yang dilakukan oleh dua perseroan atau lebih untuk meleburkan diri dengan cara membentuk satu perseroan baru dan masing-masing perseroan menjadi bubar.

  • Pasar Reguler Tunai (Pasar Tunai)

    Pasar di mana perdagangan efek di bursa dilaksanakan berdasarkan proses tawar-menawar secara lelang yang berkesinambungan (continuous auction market) oleh Anggota Bursa efek melalui JATS. Penyelesaiannya dilakukan pada hari bursa yang sama dengan terjadinya Transaksi Bursa (T+0).

  • Public Private Partnership (PPP)

    Kemitraan Pemerintah Swasta disingkat KPS atau yang dikenal sebagai Public Private Partnership (PPP/P3), adalah suatu perjanjian kontrak antara pemerintah, baik pusat ataupun daerah dengan mitra swasta. Melalui perjanjian ini, keahlian dan aset dari kedua belah pihak (pemerintah dan swasta) dikerjasamakan dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat. Dalam mlakukan kerjasama ini risiko dan manfaat potensial dalam menyediakan pelayanan ataupun fasilitas dipilah/dibagi kepada pemerintah dan swasta.

  • Quick Asset

    Uang tunai atau suatu aktiva lainnya yang dapat ditukarkan dengan cepat menjadi uang tunai dengan nilai yang kira-kira sama dengan nilai buku. Kadang-kadang disebut floating asset.

  • Quality Control

    Prosedur, cara-cara, atau kebijaksanaan yang ditetapkan oleh suatu perusahaan yang menghasilkan, untuk mengawasi atau memelihara standar-standar pelaksanaan produksi, sehingga hasil dan kecakapan membuatu sesuatu daripada suatu operasi tertentu akan memenuhi kewajiban perusahaan itu. Apabila metode pengawasan itu berdasarkan atau suatu sampling secara sistematis daripada barang-barang yang diproduksi, maka ini dikenal sebagai statistical quality control.

  • Quick Ratio (rasio cepat)

    Rasio ini menunjukkan kemampuan aktiva lancar yang paling likuid (dengan mengeluarkan pos persediaan dan uang muka biaya dari aktiva lancar mampu membiayai utang lancar. Quick ratio atau rasio cepat dapat dihitung dengan rumus: (Aktiva Lancar - Persediaan)/Utang Lancar

  • Quick Ratio (rasio cepat)

    Rasio ini menunjukkan kemampuan aktiva lancar yang paling likuid (dengan mengeluarkan pos persediaan dan uangmuka biaya dari aktiva lancar) mampu membiayai hutang lancar. Quick ratio atau rasio cepat dapat dihitung dengan rumus: (Aktiva Lancar - Persediaan) / Utang Lancar.

  • Raid

    Dalam perdagangan efek ialah suatu percobaan bersama oleh pedagang-pedagang karena mata pencahariannya dan orang-orang lain, untuk menekan harga-harga pasaran bagi suatu efek. Ini dilakukan, misalnya, dengan jalan mengatur lebih dahulu penjualan-penjualan efek yang tidak benar terjadi di bawah pasar.

  • Rally

    Dalam perdagangan efek, ialah suatu kenaikan atau pemulihan kembali harga-harga efek atau komoditi sesudah suatu penurunan, terutama sesudah suatu penurunan yang sekonyong-konyong terjadi atau yang terlampau curam.

  • Recording Date

    Tanggal yang merupakan tanggal terakhir dari pendaftaran atas pemilikan saham dalam Daftar Pemegang Saham perusahaan. Pendaftaran ini biasanya berhubungan dengan pembagian dividen, right issue, pemberian saham bonus/dividen saham dan hak untuk hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

  • Recording Date

    Tanggal yang merupakan tanggal terakhir dari pendaftaran atas pemilikan saham dalam Daftar Pemegang Saham perusahaan. Pendaftaran ini biasanya berhubungan dengan pembagian dividen, right issue, pemberian saham bonus/dividen saham dan hak untuk hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

  • Reksa Dana Pendapatan Tetap

    Reksa dana yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80 persen (delapan puluh perseratus) dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat utang.

  • Safety of Principal

    Dalam bidang investasi ialah memelihara suatu capital asli atau semula, suatu faktor dalam memilih investasi yang tertentu. Dalam memilih suatu efek atau surat tanggungan yang mungkin tidak menurun dalam harganya, maka si penanam modal itu memperoleh safety of principal, walaupun ini biasanya sebagai ganti rugi untuk pengorbanan penghasilan yang lebih tinggi dan kesempatan akan keuntungan capital.

  • Safety Codes

    Peraturan-peraturan yang dimaksudkan untuk melindungi para pekerja atau untuk menjamin konstruksi gedung-gedung yang layak.

  • Short Selling

    Transaksi penjualan Efek untuk kepentingan nasabah di mana Efek dimaksud tidak dimiliki oleh nasabah pada saat transaksi dilaksanakan.

  • Saham Bonus

    Saham yang diberikan secara cuma-cuma oleh Emiten kepada pemegang saham, yang merupakan kapitalisasi dari Agio Saham.

  • Saham Bonus

    Saham yang diberikan secara cuma-cuma oleh Emiten kepada pemegang saham, yang merupakan kapitalisasi dari Agio Saham.

  • Sinking Fund

    Pembayaran secara bertahap atas seluruh atau sebagian nilai obligasi sebelum jatuh tempo, yang sudah direncanakan jadwal pengembaliannya oleh pihak emiten.

  • Sinking Fund

    Pembayaran secara bertahap atas seluruh atau sebagian nilai obligasi sebelum jatuh tempo, yang sudah direncanakan jadwal pengembaliannya oleh pihak emiten.

  • Sovereign Wealth Fund (SWF)

    Dana yang sepenuhnya dimiliki oleh suatu negara yang berasal dari cadangan mata uang asing, pembayaran atas sumber daya alam, atau pajak. Pengelolaan dana ini memiliki tujuan jangka panjang, yaitu warisan untuk generasi mendatang sebagai ganti dari sumber daya alam yang sudah mulai habis.

  • Take-Home Pay

    Upah atau gaji sebenarnya yang dibayarkan dengan uang tunai, sesudah potongan untuk pajak-pajak yang dipungut, jaminan social, tunjangan bagi kesejahteraan, iuran seikat pekerja, dan lain-lain. Dalam beberapa hal, take-home pay itu berjumlah sepertiga bagian kurangnya dari upah atau gaji yang dibayarkan.

  • Take Over

    Mengambi alih pengawasan atau pengurusan seperti atas suatu perusahaan, akan tetapi tidak perlu meliputi pengambil alih hak miliknya

  • Total Aktiva

    Total sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari manfaat ekonomi di masa depan yang diharapkan akan diperoleh perusahaan.

  • Total Kewajiban

    Total tanggung jawab perusahaan pada saat ini yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya diperkirakan akan membutuhkan sumber daya perusahaan.

  • Transaksi Nasabah Kelembagaan

    Transaksi nasabah kelembagaan transaksi efek antara perusahaan efek dengan nasabah kelembagaan tertentu yang didasarkan pada perjanjian antara perusahaan efek dengan nasabah kelembagaan tersebut seperti perusahaan asuransi, reksa dana.

  • Ultimate Consumer

    Seseorang yang memperoleh atau menerima barang ekonomi dan jasa guna pemuasan kebutuhan-kebutuhan pribadi seperti yang dibedakan dari seseorang yang mendapatkannya untuk maksud-maksud dagang atau usaha.

  • Undersell

    Menjual dengan harga yang lebih rendah daripada harga dari saingannya, atau daripada harga penjualan umumnya, atau daripada harga pasar yang berlaku.

  • Underwriter (penjamin emisi)

    Lembaga penunjang pasar modal yang berperan sebagai penjamin emisi atau penjamin penjualan saham pada waktu pasar perdana.

  • Unit Penyertaan

    Suatu ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap Pihak dalam porfolio investasi kolektif.

  • Valuation

    Proses penilaian harga harta milik menurut suatu kriteria yang diakui, suatu proses yang perlu sebagai pendahuluan pada penetapan tingkat yang layak bagi suatu perusahaan umum negara oleh suatu panitia dinas umum.

  • Vacancy Ratio

    Dalam statistik perumahan adalah persentai mengenai satuan-satuan tempat tinggal yang tersedia dan yang vacant, siap sedia untuk ditempati. Imbangan ini bergerak dari nol sampai 100, akan tetapi biasanya kurang daripada 10.

  • Value Date

    Dalam perbankan ialah tanggal berlakunya suatu deposito di dalam suatu rekening, tergantung pada waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan pembayaran atas benda yang didepositokan itu dari bank atau tempat lain yang terhadapnya deposito itu ditarik.

  • Voting Right

    Hak pemegang saham untuk mengeluarkan suara dalam Rapat Umum Pemegan Saham (RUPS).

  • Verification

    Proses tentang pernyataan atau pemeriksaan mengenai kebenaran suatu pernyataan atau keterangan. Jadi, dalam hukum, ini adalah sumpah yang secara layak diambil dan tertulis dari suatu pihak mengenai kebenaran pernyataannya dalam suatu perkara. Dalam tata buku, ini adalah pembuktian atau penyelidikan pemasukan dan nilai-nilai dalam buku-buku rekening.

  • Write off

    Memindahkan dari rekening-rekening suatu utang yang tidak dapat dipungut atau suatu asset yang tidak ada nilainya, dengan mengurangi nilainya sampai nol dan membuatnya seimbang dengan pos rugi dalam suatu rekening seperti kerugian utang yang tidak dibayar. Kadang-kadang, utang yang tidak dapat dipungut itu sendiri; suatu utang busuk.

  • War Clause

    Suatu klausula atau syarat dalam suatu polis asuransi atau kontrak lainnya yang membebaskan maskapai itu dari pertanggungjawaban, atau yang mengurangi tanggung jawabnya di dalam hal kematian, catat atau kerugian lainnya yang disebabkan oleh peperangan atau oleh kegiatan-kegiatan di waktu peperangan.

  • Wagner's Law

    Suatu teori yang disampaikan Adolf Wagner yang menyatakan bahwa ada kencenderungan yang kuat dari pihak pemerintah untuk memikul tanggung jawab yang bertambah banyak guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan ekonomis daripada rakyatnya. Dia beranggapan bahwa kecenderungan ini tidak dapat tidak akan menuju ke sosialisme.

  • Wali Amanat

    Pihak yang mewakili kepentingan pemegang Efek yang bersifat utang

  • Waran

    Efek yang diterbitkan oleh suatu perusahaan yang memberi hak kepada pemegang Efek untuk memesan saham dari perusahaan tersebut pada harga tertentu untuk 6 (enam) bulan atau lebih.

  • XD

    Suatu simbol yang biasa digunakan didalam pengumuman surat kabar untuk menunjukkan bahwa saham yang diperdagangkan adalah ex deviden (tanpa deviden). Simbol "X" juga digunakan untuk obligasi tanpa bunga.

  • XD

    Suatu simbol yang biasa digunakan didalam pengumuman surat kabar untuk menunjukkan bahwa saham yang diperdagangkan adalah ex deviden (tanpa deviden). Simbol "X" juga digunakan untuk obligasi tanpa bunga.

  • XR

    Suatu simbol yang biasa digunakan di dalam pengumuman surat khabar untuk menunjukkan bahwa saham yang diperdagangkan adalah saham Ex-Right (tanpa right).

  • Yield

    Suatu penghasilan yang diterima dari suatu investasi atau harta kekayaan. Seperti yang dipakai terhadap surat-surat efek, maka istilah itu sering dibatasi dengan pengertian penghasilan bersih yang diterima dari surat obligasi jika dikuasai sampai pada habis temponya.

  • Yard Goods

    Dalam perdagangan tekstil ialah barang kain yang dijual dengan menggunakan ukuran yard. Juga bahan yang belum dipotong menurut panjangnya atau pola.

  • Yield to Maturity

    Suatu ukuran atau tingkat penghasilan atau yield dari suatu obligasi selama hidupnya atau jangka waktu berlakunya atau selama hidupnya yang tersisa.

  • Yield, Current

    Return yang sekarang atas suatu obligasi atau investasi lainnya. Jumlah ini dihitung dengan membagi tingkat bunga atau dividen oleh harga yang dibayarkan atau harga yang sekarang berlaku.

  • Zone Pricing

    Suatu cara atau metode untuk menetapkan harga barang-barang yang diserahkan yang menyatakan bahwa harga yang sama dibebankan di seluruh daerah atau wilayah geografis, meskipun terdapat selisih-selisih dalam biaya pengiriman. Harga itu seperti biasa ditetapkan berdasarkan harga pabrik plus suatu biaya ongkos kirim untuk wilayah itu. Ini kadang-kadang dikenal sebagai zone delivered pricing.

  • Zero-Coupon Bond

    Obligasi yang tidak memberikan bunga secara periodik; tetapi diisue dengan diskon besar dari nilai nominal dan dibayar kembali pada waktu jatuh tempo.

  • Zollverein

    Perkataan Jerman untuk customs union. Suatu unit pabean yang dibentuk pada 1833 oleh Jerman (negara-negara di bawah Jerman) dalam rangka perdagangan bebas antarnegara dan untuk menentukan suatu tarif umum atau bersama mengenai bea-bea impor.