Atasi Ketimpangan Sosial, Darmin: Kita Harus Lihat Potensi Rumput Laut

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 31 Januari 2017 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 31 320 1606027 atasi-ketimpangan-sosial-darmin-kita-harus-lihat-potensi-rumput-laut-68G9axVr67.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menegaskan arah kebijakan prioritas pada tahun 2017. Salah satunya adalah mengatasi ketimpangan sosial.

Untuk itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution pun mengeluarkan program komprehensif untuk atasi ketimpangan sosial. Pada program ini, nelayan tak luput dari perhatian pemerintah.

"Nelayan juga kelompok yang banyak penghasilan rendah. Kita tahu bahwa kita punya potensi sangat besar untuk hasilkan rumput laut, cuma itu perlu diproses baru ada demainnya," tuturnya di Istana Bogor, Kamis (31/1/2017).

Untuk itu, pemerintah akan mendorong pertumbuhan investasi pada sektor pengolahan rumput laut. Dengan begitu, maka nelayan dapat memiliki pasar terhadap rumput laut yang dihasilkan.

"Sehingga pengembangan rumput laut akan kita dorong supaya perusahaan-Perusahaan besar yang melakukan investasi pengolahan sementara nelayan yang menghasilkan rumput laut," jelasnya.

Dengan begitu, nantinya akan terdapat sinergi antara pemerintah dengan dunia usaha. Jika konsisten, pemerintah tidak akan memberikan konsesi pada perusahaan besar untuk budidaya rumput laut biar nelayan saja, melainkan juga kemudahan lainnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini