Share

Jadi Dosen Pengantar, Sri Mulyani: Ekonomi Makro Itu Asik

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 05 Februari 2018 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 05 20 1854729 jadi-dosen-pengantar-sri-mulyani-ekonomi-makro-itu-asik-KMLIZm4IQs.jpg Sri Mulyani di UI(Foto: Feby Novalius/Okezone)

DEPOK - Menteri Keuangan Sri Mulyani kembali lagi ke kampus lamanya yakni Universitas Indonesia (UI). Kedatangannya untuk memberikan kuliah perdana pengantar ekonomi kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI.

"Saya diminta untuk mengajar kuliah perdana soal pengantar teori ekonomi. Di dalam silabus diajar oleh 17 pengajar dan asisten," ujarnya di Auditorium FEB UI Kampus Depok, Jawa Barat, Senin (5/2/2018).

Sebelum memulai kuliah, mantan Direktur Bank Dunia ini mengharapkan, hasil akhir dari mata pelajaran pengantar ekonomi harus punya tiga hal, yakni pemahaman, kemampuan dan sikap atau karakter.

"Setiap kali kita berinteraksi di dalam ilmu ekonomi di semester II, tahun lalu ajar mikro ekonomi. Saya harap para mahasiswa semua dapat tiga hal itu," tuturnya.

Menurut Sri Mulyani, belajar pengantar ekonomi, apalagi soal makro ekonomi begitu menyenangkan. Pasalnya, ada kombinasi antara data, statistik yang hasilnya membuat suatu sikap atau behavior.

"Makro itu asik sekali, tapi bagi anak akuntansi pasti bilang Bu ngomong pertama pasti neraca dulu baru makro. Sebenarnya dua-duanya asik, karena gambarkan hasil kegiatan tingkah laku manusia. Semester I lalu belajar mikro ekonomi sebenarnya sudah belajar bagaimana konsumen memuaskan diri dengan melakukan ekonomi adalah memilih," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini