nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Diminta Cari Bawang Putih Impor di Luar China

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 05:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 06 320 2164471 pemerintah-diminta-cari-bawang-putih-impor-di-luar-china-xN7TYumGkV.jpg Bawang Putih (Foto: Okezone.com/Rus Akbar)

JAKARTA – Dampak dari penyebaran wabah virus korona di China membuat harga bawang putih dalam negeri meningkat. Bahkan bawang putih menembus angka Rp51.648 per kilogram (kg).

Wajar saja, China merupakan importir utama bawang putih ke Indonesia. Oleh karena itu, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri menyarankan pemerintah untuk mencari importir baru.

Tidak hanya itu, dirinya juga menilai Pemerintah Indonesia harus mencari importir dari negara tetangga. “Kami mendorong importir dari negara tetangga seperti Vietnam, Thailand, Laos, dan lainnya. Dengan adanya (impor bawang putih dari negara lain selain China) akan memperbaiki kondisi harga di lapangan,” ungkap Abdullah Mansuri kepada Okezone.

Sebagai informasi China memenuhi 90% kebutuhan nasional terhadap bawang putih. Dengan adanya penyebaran wabah Virus Korona, pemerintah memutuskan untuk menyetop masuknya makanan atau minuman yang terjangkit virus itu.

Baca Selengkapnya: Dampak Virus Korona, Pemerintah Diminta Impor Bawang Putih Selain China

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini