nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tegas! BKN Blokir NIK Pelamar CPNS jika Terbukti Pakai Joki

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Kamis 13 Februari 2020 05:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 12 320 2167451 tegas-bkn-blokir-nik-pelamar-cpns-jika-terbukti-pakai-joki-6wcpXCYufe.jpg Ujian SKD CPNS 2019 (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Untuk mencegah kasus penggunaan joki saat ujian SKD CPNS, Badan Kepegawaian Negara (BKN) bakal memblokir Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada peserta yang terbukti memakai jasa tidak halal itu.

Walau demikian, Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono menyatakan langkah tersebut baru akan dibicarakan dengan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Penyikapan atas kasus perjokian ini juga dilakukan untuk menjaga sportivitas dan fairness dalam pelaksanaan SKD,” ungkapnya mengenai alasan di balik rencana pemblokiran NIK.

Sebagai informasi, perjokian ini termasuk melanggar hukum berupa tindakan pemalsuan yang tertuang pada Pasal 55 dan Pasal 263 KUHP dengan ancaman pidana 6 (enam) tahun penjara.

Diskualifikasi peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang ketahuan memakai jasa joki ditemukan sebanyak 4 kasus, informasi ini terakhir hingga 10 Februari 2020.

Baca Selengkapnya: Terbukti Pakai Joki, BKN Bakal Blokir NIK Pelamar CPNS

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini