Mau Renovasi Rumah Usai Banjir tapi Tak Punya Anggaran, Harus Apa?

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2021 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 622 2366248 mau-renovasi-rumah-usai-banjir-tapi-tak-punya-anggaran-harus-apa-DXwFJgEQ7G.jpg Banjir di Kemang (Foto: Ari Sandita)

JAKARTA – Berbagai daerah kerap kali dihadapkan pada bencana banjir yang terjadi ketika memasuki musim hujan. Banjir yang merendam selama beberapa waktu dapat mengakibatkan sejumlah kerugian, terutama kerusakan pada rumah.

Maka dari itu, sebenarnya sangat penting memiliki anggaran khusus untuk mengatasi hal ini. Namun, mungkin tak semua orang merasa ini perlu, atau bahkan jika banjir terjadi secara tiba-tiba tanpa dapat diprediksi.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Perencana Keuangan Eko Endarto memberikan solusi yang bisa dilakukan jika tidak memiliki anggaran renovasi rumah tapi harus memperbaikinya.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Renovasi Rumah Akibat Banjir 

1. Berutang atau mencari pinjaman

Jika tidak memiliki anggaran khusus, atau dana cadangan, atau asuransi, maka cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan berutang. Berutang sendiri masih diperbolehkan, apabila terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan hidup dan mati seseorang.

“Karena ini berhubungan dengan kehidupan, jadi mau tidak mau (mereka) perlu berutang untuk menyelesaikan masalah tadi. Karena bagaimanapun, berutang masih diperbolehkan, apabila berhubungan dengan hal-hal hidup dan mati,” ujar Perencana Keuangan Eko Endarto saat dihubungi Okezone, Selasa (23/2/2021).

2. Menggunakan anggaran lain, asalkan…

Eko Endarto mengatakan, jika ingin menggunakan anggaran lain, ini tergantung pada seberapa besar dibutuhkan dan jangka waktu kebutuhannya. Perlu diperhatikan untuk menentukan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

“Misalnya, (memiliki) anak masih TK, kemudian menggunakan biaya (yang harusnya) untuk anaknya kuliah, maka boleh, masih dimungkinkan, daripada berutang. Karena masih bisa mengejar biaya pendidikan anaknya tadi,” jelasnya.

Meski begitu, sebaiknya menyiapkan dana cadangan atau membuat anggaran untuk mengatasi rumah yang rusak karena banjir. Terutama bagi mereka yang memang tinggal di daerah-daerah rawan banjir, sehingga sudah bisa disiapkan dari jauh-jauh hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini