5 Fakta Bansos Tunai Rp600.000 Cair, Nomor 4 Langsung Dianterin

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 24 Juli 2021 04:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 320 2444881 5-fakta-bansos-tunai-rp600-000-cair-nomor-3-langsung-dianterin-WlCWg7IcC4.jpg Bansos Tunai Cair. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bantuan sosial tunai (BST) Rp600.000 sudah dicairkan di tengah PPKM Level 4. Bantuan ini pun sangat ditunggu masyarakat karena berdampak signifikan pada perekonomian,

Bagi masyarakat yang belum terima, bisa lebih dulu mengecek namanya di cekbansos.kemensos.go.id. Jika terdaftar, bansos tunai segera disalurkan oleh PT Pos Indonesia.

1. Bansos Tunai Rp600 Ribu Cair

Pemerintah melalui Kementerian Sosial kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk Mei dan Juni yang akan diterima pada Juli 2021. Nilai yang diberikan Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) per bulan. Penerima akan langsung mendapatkan jatah 2 bulan yaitu Rp600.000.

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair, Jangan Ada PHK Ya

2. 7,4 Juta Penerima Belum Dapat Bansos Tunai

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi mengatakan BST yang telah siap dibayarkan adalah bagi 2.635.630 KPM. "Sedangkan total penerima BST di seluruh Indonesia sebanyak 10 juta KPM yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sehingga masih ada sekira 7,4 juta keluarga belum terima Bansos Tunai," ujar dia, dikutip Antara.

Baca Juga: Cek Penerima Bansos Tunai Rp600.000 di cekbansos.kemensos.go.id

3. Cek Penerima Bansos Tunai

Bantuan sosial tunai (BST) Rp600 ribu cair. Masyarakat pun bisa mengecek apakah menerima bantuan sosial tersebut atau tidak.

Pengecekan nama penerima bansos bisa melalui cekbansos.kemensos.go.id. Adapun bansos tunai ini disalurkan selama dua bulan yakni Mei dan Juni dan dibayarkan sekaligus dua pada Juli-Agustus 2021.

4. Bansos Tunai Diantar ke Rumah

Untuk penyaluran, PT Pos Indonesia menggunakan skema jemput bola. Di mana bansos diantarkan langsung ke rumah para keluarga penerima manfaat (KPM). Terutama bagi KPM yang sakit dan lansia.

"Sistem penyaluran bansos tunai sekarang jemput bola. Jadi, Pos Indonesia memperbanyak jumlah petugas juru bayar yang diturunkan ke lapangan," ujar Direktur Bisnis Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus.

5. Alhamdulillah Bisa Bayar Kontrakan 

Seorang Ibu Rumah Tangga Nur Rahmawati, masuk dalam DTKS penerima BST. Dia merasakan hantaman pandemi ini begitu berat.

Suaminya yang berprofesi sebagai ojek online semakin tidakmenentu pendapatannya karena PPKM. Belum lagi anaknya dirumahkan dari tempatnya bekerja karena badai pandemi membuat tempat usaha di mana anaknya bekerja harus memangkas tenaga kerja.

“Saya tetap mensyukuri berapapun BST ini, karena sangat menolong saya untuk bisa bayar kontrakan rumah, dan membeli kebutuhan pokok,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini