Share

4 Fakta Dugaan Penipuan CPNS Anak Nia Daniaty, Dijanjikan Lulus Itu Bohong!

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 320 2479971 4-fakta-dugaan-penipuan-cpns-anak-nia-daniaty-dijanjikan-lulus-itu-bohong-bbtf59rHbt.jpg Seleksi CPNS (Foto: Dok ESDM)

JAKARTA – Penipuan saat seleksi CPNS memang kerap terjadi. Penipuan tersebut berupa jaminan kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

Baru-baru ini putri dari penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathania diduga melakukan penipuan pada seleksi CPNS.

Berikut fakta mengenai kasus dugaan penipuan CPNS yang dirangkum Okezone, Sabtu (2/10/2021):

1. 225 Orang Tertipu

Penipuan CPNS diduga dilakukan anak penyanyi Nia Daniaty, Olivia Nathania. Sebanyak 225 orang mengaku telah ditipu dan kerugian diperkirakan mencapai Rp9,7 miliar.

2. Suami Ikut Membantu

Rafly N Tilaar ikut terseret dalam kasus hukum sang istri, Olivia Nathania alias Oi. Dia diketahui berperan sebagai penerima dana pendaftaran para korban melalui rekening pribadinya.

Hal tersebut diungkapkan oleh kuasa hukum korban Olivia Nathania, Karnu, Odie Hadiyanto. Sang kuasa hukum bahkan menyebut keduanya seolah kompak dalam melancarkan aksi dugaan penipuaan dan penggelapan uang tersebut.

Tak hanya itu, Rafly juga dituding turut merayu para korban yang berjumlah ratusan orang. Odie menuturkan Rafly kerap memberi arahan langsung korban yang mendatangi kantornya.

3. BKN: Segera Lapor Bila Ada Penipuan

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menegaskan peserta seleksi CPNS segera melapor jika ada pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan. Hal ini disampaikannya saat meninjau dan membuka pelaksanaan SKD CPNS Pemkab Deli Serdang di Aula Universitas Sumatera Utara.

“Laporkan bila ada pihak atau oknum yang menawarkan dapat membantu kelulusan peserta”, kata Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Supranawa Yusuf dikutip dari akun Twitter BKN @BKNgoid, Minggu (26/9/2021).

4. Menjanjikan Kelulusan Pasti Bohong

Yusuf menyampaikan kepada para peserta untuk percaya kemampuan diri. Dia mengingatkan agar jangan percaya dengan pihak yang menjanjikan kelulusan karena itu pasti bohong.

Dia mengatakan CAT BKN mengutamakan transparansi. Di mana hasil bisa dipantau live streaming pada youtube @officialCATBKN oleh siapapun. Sehingga hasil peserta tidak bisa dimanipulasi.

“Untuk peserta yang tidak lulus passing grade jangan patah semangat, masih ada banyak kesempatan di tempat lain,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini