Mobil Listrik Buatan RI Bakal Muncul 2 Tahun Lagi

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 04:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 320 2485802 mobil-listrik-buatan-ri-bakal-muncul-2-tahun-lagi-Pzn2tcBJFa.jpg 2 tahun lagi mobil listrik buatan RI muncul di pasaran (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mobil listrik buatan Indonesia diprediksi bermunculan dalam dua tahun mendatang. Saat ini, hilirisasi nikel di dalam negeri yang menghasilkan katoda baterai, besi antikarat, dan baterai litium mulai dilakukan.

Presiden Joko Widodo mengatakan, industri nikel akan diintegrasikan dengan industri otomotif dalam negeri. Integritas lintas industri itu akan turut memanfaatkan momentum baru pengembangan mobil listrik.

Karenanya, presiden menyatakan dirinya bakal memerintahkan penyetopan ekspor nikel dalam bentuk raw material (bahan mentah). Sebab, nikel adalah komoditas bahan baku penting dalam struktur industri otomotif, termasuk manufaktur mobil listrik.

Semua komoditas sumber daya alam Indonesia, kata Jokowi, harus mengalami proses hilirisasi untuk menghasilkan nilai tambah. Dia pun akan meminta BUMN dan swasta, serta investor yang akan masuk ke dalam negeri untuk mendirikan industri di Indonesia, bukan hanya mengambil sumber daya alam mentah.

Baca selengkapnya: Presiden Jokowi: 2 Tahun Lagi Mobil Listrik Bermunculan di Negara Kita

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini