Ingatkan Kepala Daerah, Presiden: Setiap Daerah Harus Fokus pada Produk Unggulannya

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Kamis 21 Oktober 2021 03:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 320 2489093 ingatkan-kepala-daerah-presiden-setiap-daerah-harus-fokus-pada-produk-unggulannya-I8kWvpe0cW.jpg Presiden Jokowi minta Kepala Daerah fokus ke produk unggulan (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah fokus mengembangkan produk unggulan wilayah masing-masing. Presiden mengingatkan agar tidak "latah" mengikuti komoditas daerah lain.

"Setiap daerah sebaiknya fokus pada produk unggulannya. Jangan semua dikerjakan, sehingga nanti ke depan bisa saling menopang. Kita ini kan senangnya latah, karet ramai, semua tanam karet. Sawit ramai, semua tanam sawit. Sawit ambruk, semua juga ambruk. Karet harganya jatuh, semuanya juga ikut jatuh. Jangan seperti itu," kata Jokowi.

Presiden menganggap Apkasi sebagai ajang saling tahu dan memperkuat kerja sama perdagangan antardaerah, serta memperkuat ekspor ke negara-negara lain termasuk perluasan pasar-pasar ekspor baru.

Di samping itu, Jokowi pun mengingatkan agar daerah tidak melupakan pasar dalam negeri. Kata dia, perlu diperkuat perdagangan antardaerah, antarkabupaten, antarprovinsi, dan antarpulau.

Baca selengkapnya: Presiden Jokowi ke Kepala Daerah: Kita Senangnya Latah, Sawit Ramai Semua Tanam Sawit

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini