Share

Gelontorkan Rp21 Triliun, China Jadi 'Raja' Sponsor Piala Dunia 2022

Noviana Zahra Firdausi, Okezone · Kamis 24 November 2022 06:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 320 2713440 gelontorkan-rp21-triliun-china-jadi-raja-sponsor-piala-dunia-2022-InaeEFohSt.jpg Sponsor Terbesar Piala Dunia Qatar. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Ajang turnamen Piala Dunia 2022 sudah dimulai di Qatar sejak beberapa hari lalu. Berbagai sponsor pun terpampang dengan jelas saat penyelenggaraan konferensi pers untuk para peserta piala dunia.

China kali ini mencetak rekor sebagai sponsor terbesar Piala Dunia 2022 mengalahkan Amerika Serikat.

Mengutip perusahaan analis data asal London, Global Data, Aljazeera.com Kamis (24/11/2022) China tidak mengirim Timnas Sepakbola ke Qatar.

Baca Juga: Argentina Kalah dari Arab Saudi, Fans Messi Menangis W88 Tetap Optimis

Namun, perusahaan Wanda Group dan Vivo ini berhasil memberikan sponsor dengan tagihan tertinggi di Piala Dunia 2022, bahkan mengalahkan daftar perusahaan Amerika, seperti Coca-Cola, McDonald’s, dan Budweiser.

Sponsor dari perusahaan China memberikan dana hingga USD1,395 miliar atau setara Rp21,909 triliun (kurs Rp15.706,05/USD) untuk kompetisi yang berlangsung 20 November hingga 18 Desember. Nilai tersebut melampaui yang dikeluarkan oleh perusahaan AS yakni USD1,1 miliar, menurut GlobalData, perusahaan analisis dan konsultasi data yang berbasis di London.

Dipecah secara tahunan, sponsor China bernilai USD207 juta atau dirupiahkan menjadi Rp3,251 triliun per tahun, dibandingkan dengan kesepakatan Qatar dan AS masing-masing senilai USD134 juta dan USD129 juta, menurut data.

Baca Juga: Polisi: Nobar Piala Dunia Jangan Jadi Ajang Pesta Miras dan Narkoba!

Dominasi perusahaan China dalam persaingan mencerminkan aspirasi merek-mereknya untuk memperluas pengakuan mereka di luar negeri ke tingkat yang sesuai dengan ukuran dan jangkauan mereka yang terus berkembang.

Munculnya sponsor China juga sejalan dengan impian Presiden Xi Jinping untuk mengubah China, yang membuat satu-satunya penampilan Piala Dunia 2002, menjadi pusat kekuatan sepak bola melalui rencana dan target yang ambisius, seperti meningkatkan jumlah sekolah dengan lapangan sepak bola 10 kali lipat pada tahun 2025.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Sementara empat sponsor China untuk turnamen 2022, yakni Wanda Group, Vivo, Mengniu Dairy, dan Hisense memiliki profil yang relatif rendah di luar negara asalnya. Keempatnya adalah perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan dengan pendapatan miliaran dolar.

Wanda Group yang merupakan konglomerat industri yang didirikan pada tahun 1988, dan Mengniu sebagai salah satu produsen susu terbesar di China, masing-masing telah masuk daftar Fortune 500 beberapa kali.

“Piala Dunia bekerja untuk perusahaan China baik di luar maupun di dalam China karena sepak bola memiliki banyak pengikut di China,” kata pakar branding dan konsultan yang berbasis di Singapura, Martin Roll kepada Al Jazeera.

Baca Selengkapnya: Sponsor Piala Dunia 2022, Perusahaan China Juaranya Kalahkan AS

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini