>

Gaji Tak Dibayar 3 Bulan, Buruh Mogok Kerja

|

Rus Akbar - Okezone

PADANG - Ratusan buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan Teluk Bayur melakukan aksi mogok kerja dan memblokir jalan masuk pintu gerbang Teluk Bayur akibatnya operasional Teluk Bayur Lumpuh.

Ridwan anggota TKBM pelabuhan Teluk Bayur mengatakan aksi ini merupakan langkah spontan lantaran pihak Pelindo II Teluk Bayur belum membayar gaji para buruh selama tiga bulan.

"Gaji kami ini belum selama tiga bulan, dari bulan ini sampai Maret," katanya saat melakukan aksi di depan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Teluk Bayur di jalan Tanjung Priok Padang, Selasa (7/5/2013)

Saat ini, anggota buruh itu total semuanya 850 orang, sementara upah buruh semuanya yang belum terbayarkan itu sekitar Rp5,74 miliar, kalau dihitung dalam satu hari digaji Rp75 ribu dikalikan selamat 90 hari saja.

"Itu yang belum dibayarkan adalah buruh kontainer dan CPO, untuk sementara kita dapat uang itu dari kas koperasi dan saat ini kas kita sudah habis untuk membayar gaji buruh," ujarnya.

Dia juga mengatakan jangan karena peralatan Teluk Bayur ini sudah canggih kemudian buruh dibiarkan begitu saja. "Kami mau gaji kami dibayar, sesuai dengan kesepakatan dari dulu," katanya.

Sementara Masril anggota TKBM yang lain mengatakan untuk satu hari buruh  mendapat upah sebanyak Rp75 ribu perorang. "Namun setelah adanya terminal peti kemas Teluk Bayur, Pelindo II hanya bisa bayar Rp15 ribu perhari, itukan tidak masuk akal," ujarnya.

Dalam aksi tersebut Joni Akhiar perwakilan dari kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Teluk Bayur mengatakan untuk gaji CPO dan Kontainer akan dibayar hari ini.

"Saat ini kepala Adpel, manajer Pelindo II dan ketua koperasi sedang bernegosiasi di BPKP Padang untuk menentukan gaji para buruh," katanya.

Namun belum Joni tidak menjelaskan secara mendetail, berapa yang dibayar Pelindo kepada buruh. "Kita belum mendapatkan laporan berapa nominal yang dibayar yang jelas saat ini para kepala sedang bernegosiasi," katanya.

Setelah mendapatkan laporan tersebut buruh dengan gusar membubarkan diri, namun mereka mengancam kalau tidak dibayar hari ini besok aksi kembali mereka lakukan, massa bubar pada pukul 13.00 WIB setelah demo sejak pukul 08.00 WIB. (wan) (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bank BUMN Lakukan Merger, Ini Dampaknya