>

Pertamina Baru Pasok Diesel ke Freeport 2014

|

Dani Jumadil Akhir - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Pertamina Baru Pasok Diesel ke Freeport 2014
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengatakan akan memasok High Speed Diesel (HSD) ke PT Freeport Indonesia (PTFI) di awal 2014. Hal ini dilakukan karena kontrak lama yang baru berakhir 2014.

"Tapi kita akan lakukan kargo uji coba tahun ini, mungkin 10 ribu kiloliter (kl)," ungkap Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya kepada wartawan di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, Senin (1/7/2013).

Hanung menjelaskan, kargo uji coba tersebut dilakukan dalam waktu kurang dua sampai tiga bulan ke depan. "Setelah itu secara kontinu akan lakukan," tambah Hanung.

Kendati demikian, Hanung enggan mengungkapkan nilai investasi dengan PTFI guna memasok HSD. "Saya enggak ingat nilainya, tapi yang pasti 1 liter kurang lebih Rp10.000-11.000 per liter, jadi dikalikan saja 21 ribu kl per bulan," katanya.

Menurut Hanung, saat ini infrastruktur sudah disiapkan, sehingga tidak akan terjadi masalah. Dia melanjutkan, negosiasi dengan PT Freeport ini sudah terjadi selama satu tahun dari Juli 2012 ke Juli 2013.

"Alhamdulillah sekarang kita bisa tanda tangani LoI untuk suplai kurang lebih 60-70 persen kebutuhan HSD-nya Freeport, kurang lebih per bulannya kebutuhan mereka 36.000 kl, jadiĀ  kita pasok kira-kira 21 ribu kl per bulan. Ini sebuah langkah kerja sama yang baik, mudah-mudahan selanjutnya bisa kerja sama untuk avtur dan sebagainya," jelas Hanung.

Hanung menuturkan, frekuensi penerbangan di Papua juga semakin bertambah, sehingga kebutuhan avtur juga meningkat. "Sehingga kita harapkan kita bisa buka DPPU juga, sehingga penerbangan lain bisa masuk ke sana. Akan beri benefit selain untuk PT Freeport juga untuk masyarakat di sekitar lokasi Freeport," tutup dia. (mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Elpiji 3 Kg Langka dan Diduga Palsu di Sukabumi