nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lika-Liku Karir Zulkifli Zaini

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 05 Juli 2010 10:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2010 07 05 320 349530 Hwt6hUDxIx.jpg Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini. Foto: Bank Mandiri

JAKARTA - Rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) telah menyetujui Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk menggantikan Agus Martowardojo yang telah diangkat menjadi Menteri Keuangan.

Tampaknya wajar saja sosok satu ini ditunjuk memimpin bank pelat merah yang katanya terbesar itu. Segudang pengalaman dibidang perbankan telah dia miliki.

Sebelumnya ditetapkan menjadi Dirut Bank Mandiri, Zulkifli menjabat Direktur Commercial Banking Bank Mandiri. Posisi tersebut sudah dia emban sejak 2006 silam.

Selain itu, dia juga sudah menduduki berbagai jabatan strategis di bank BUMN tersebut. Misalnya sebagai team leader in credit risk management, vice president and division head of government relationship management, group head of retail risk management, juga senior executive vice president of distribution networks.

Zulkifli mengawali karier sebagai bankir mulai 1983 di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), salah satu bank BUMN yang turut melebur menjadi Bank Mandiri.

Di Bapindo, sosok yang suka olahraga golf dan traveling ini sempat menempati sederet posisi. Antara lain account officer, staff of banking and finance services, head of project finance, deputy branch manager, dan terakhir branch manager.

Pria kelahiran 1956 ini menyelesaikan sarjana di Institut Tekhnologi Bandung pada 1980. Lalu, ia meraih gelar master of business administration (MBA) bidang keuangan dari Universitas Washington, AS pada 1994. Ayah dua anak ini juga pernah bekerja di Wiratman and Associates pada 1980.

Sebagaimana diketahui, Zulkifli yang kini menjadi direktur utama Bank Mandiri menyisihkan dua kandidat lain, yakni Wadirut Riswinandi, Dirut Bank CIMB NIaga Arwin Rasyid dan Dirut Bank UOB Buana Armand B Arief.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini