nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Tol Cikampek-Palimanan Berubah Nama Jadi Cikopo-Palimanan

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 05 Juni 2015 18:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 06 05 320 1160846 jalan-tol-cikampek-palimanan-berubah-nama-jadi-cikopo-palimanan-1nBOJXJgvR.jpg Jalan tol Cikampek-Palimanan berubah nama jadi Cikopo-Palimanan. (Foto: BPJT)

BOGOR - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono akan segera mengganti nama proyek infrastruktur jalan tol yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat. Jalan tol yang dimaksud adalah Tol Cikampek-Palimanan (Cikapali).

Hal ini dikarenakan adanya protes yang dilakukan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Perlu diketahui bahwa jalan tol sepanjang sekitar 116 kilometer (km) itu, titik awalnya berada di Desa Cikopo, Kecamatan Purwakarta, bukan di wilayah Cikampek, Kabupaten Karawang. Atas hal tersebut, dirinya mendesak pihak terkait menggunakan nama Cikopo-Palimanan sebagai kepanjangan dari Cipali dan bukan Cikapali.

"Nama nanti diganti Cikopo-Palimanan, It's Oke," jawab Basuki saat ditanya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/6/2015).

"Nanti diumumkan Pak Presiden namanya Cikopo-Palimanan juga enggak masalah. No problem," sambungnya.

 Menpupera Tinjau Tol Cikampek-Palimanan

Menurut Basuki, permasalahan ganti nama jalan tol ini tentu akan mengganti Peraturan Menteri (Permen). Pasalnya, dalam Permen pembuatan tol tersebut tertulis Cikampek-Palimanan. Nantinya, penggantian nama jalan tol ini akan memanggil pihak terkait dalam hal ini bupati Purwakarta untuk duduk bersama, agar ke depannya pun tidak ada perbedaan pendapat.

"Di sana ada Cipali, ada Cikapali. Kalau di Permen itu Cikampek. Jadi Jakarta Cikampek misalnya," jelasnya.

Dirinya pun secara pribadi tidak keberatan jika tol Cikapali ini harus ganti nama menjadi Cipali.

"Belum tahu, kalau memang harus Cikopo ya Cikopo. Wong soal nama aja lho. Masak gitu aja ribet banget, apa susahnya sih?" tukasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini