Soejoedi Wirjoatmodjo Penggagas Sekolah Arsitektur di Indonesia

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2016 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 04 470 1304714 soejoedi-wirjoatmodjo-penggagas-sekolah-arsitektur-di-indonesia-9NPrIHt6AT.jpg Foto: Dakoodesain

JAKARTA - Arsitek terkemuka Indonesia, Soejoedi Wirjoatmodjo, selain terkenal sebagai pelopor arsitektur modern melalui berbagai karya monumentalnya, Soejoedi juga merupakan seorang penggagas sekolah-sekolah arsitek baru di berbagai kota besar Indonesia.

Dilansir dari laman Kemdikbud, Kamis (4/2/2016), Soejoedi, penggagas pembukaan sekolah-sekolah arsitektur baru di Jakarta (Universitas Indonesia), Yogyakarta (Universitas Gajah Mada), Semarang (Universitas Diponegoro), Surabaya (Institut Teknologi Surabaya), dan Makassar (Universitas Hassanudin). Hal tersebut dia lakukan dalam rangka menggalang kekuatan menandingi dominasi CGMI di kampus-kampus saat itu. Beliau pejuang profesi, arsitek guru bagi generasi muda.

Perhatian Soejoedi dalam menghasilkan karya-karya arsitektural yang monumental, seperti Gedung Sekretariat ASEAN, Gedung Kedutaan Besar Prancis, dan Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur, Seoul, Beograd.

Adapun puncak keberhasilannya adalah Gedung MPR/DPR. Rancangan Soejoedi dan dua orang kawannya unggul pada komposisi massa. Dalam arti, antara bangunan yang satu dengan yang lain, bentuknya bisa serasi, sekalipun masih tetap terkesan menonjolnya sebuah bangunan utama.

Selain itu, karya lain Soejoedi adalah gedung Kedutaan Besar Prancis, di Jalan MH Thamrin, Jakarta, yang dia kerjakan antara 1969 dan 1973. Soejoedi membuat lengkungan di sisi masif selubung bidang terdepan sebagai pengarah kendaraan yang memasuki gedung. Pintu masuk utama yang terletak di bagian samping gedung itu menjadikan gedung terlindung, baik dari pandangan mata luar maupun kebisingan di sekitarnya. Desain ini juga menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung.

Soejodi yang lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 27 Desember 1928, menghembuskan nafas terakhir pada 17 Juni 1981, dalam usia yang tergolong muda yakni 53 tahun lantaran kerap jatuh sakit.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini