Pertama di Dunia! London Miliki Jalan Cerdas Penghasil Energi

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 17 Juli 2017 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 14 470 1736623 pertama-di-dunia-london-miliki-jalan-cerdas-penghasil-energi-aHbZtYqT1N.jpg Ilustrasi: Inhabitat

JAKARTA - Jalan yang kurang dimanfaatkan di sebelah barat London telah diubah menjadi jalan cerdas panen energi pertama di dunia. Dengan semakin banyaknya orang yang lewat, Pavagen dapat terhubung ke sebuah aplikasi dan melihat seberapa banyak listrik yang dihasilkan langkah kaki mereka yang lewat.

Pavegen memasang rangkaian 107 kaki persegi di Bird Street untuk memanfaatkan dan mengubah kekuatan langkah kaki menjadi listrik. Dari listrik yang dihasilkan akan dipasok energi untuk cahaya dan suara burung di daerah tersebut.

Selain itu, jalan ini juga dilengkapi oleh transmitter bluetooth low-energy yang juga merupakan bagian dari array ini, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan array melalui aplikasi. Orang bisa melihat langkah mereka di trotoar pemanen energi diterjemahkan menjadi listrik bersih.

Dilansir Inhabitat, CEO Pavegen Laurence Kemball-Cook mengatakan dalam sebuah pernyataan,

"Dengan instalasi di Washington, DC dan di pusat transportasi vital termasuk Heathrow, mampu menunjukkan bagaimana teknologi kita dapat menghidupkan pengalaman berbelanja retail merupakan langkah penting bagi kita. Sebagai pengecer bersaing dengan online, teknologi seperti kita membuat berada di jalan yang lebih menarik dan bermanfaat bagi orang," ujarnya.

Transportasi untuk Direktur Perencanaan Kota London Alex Williams mengatakan bahwa konsep Bird Street yang inovatif dapat dibawa ke daerah lain di London, membawa pemikiran abad ke-21 untuk memperbaiki jalan-jalan kota. (gir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini