nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Semester I-2017, Mahaka Radio Integra Sudah Akuisisi 4 Stasiun Baru

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 20:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 04 278 1750137 semester-i-2017-mahaka-radio-integra-sudah-akuisisi-4-stasiun-baru-Mhp0MUcxl4.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) menargetkan perluasan market share hingga 65% pada 2019. Perluasan market share ini karena pada kuartal kedua 2017 lalu pihaknya telah mengakuisisi empat stasiun radio baru.

Keempatnya adalah PT Radio Merpati Darmawangsa (Radio HOT FM) dengan kepemilikan sebesar 99,99%, PT Radio Kirana Insan Suara (Radio KIS FM), PT Radio Mustang Utama (Radio Mustang FM) dan PT Radio Ramako Djaja Raya (Radio Lite FM) dengan kepemilikan masing-masing sebesar 70%.

“Dengan bergabungnya seluruh radio tersebut, kini MARI berhasil menguasai market share sebesar 49% di Jakarta," ujar President Director MARI Adrian Syarkawie dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat (4/8/2017).

Adrian juga menjelaskan bahwa keputusan untuk menggabungkan tiga radio yang sudah memiliki pasar pendengar tersendiri tersebut dinilai tepat demi memperkuat citra MARI.

"Sesuai dengan target pasar pendengar radio-radio kami di kalangan anak muda, sementara saat ini merupakan era generasi millenials atau generation of Z, maka keputusan perusahaan untuk melebarkan skala bisnis dengan menggabungkan tiga radio, KIS, Mustang, dan Lite dalam grup kami adalah sebuah langkah terobosan," lanjut Adrian.

Namun, pihaknya tidak menyebut siapa kompetitor terberat MARI dalam industri ini. Pasalnya, di era saat ini perusahaan media tak hanya bersaing dengan perusahaan media lain yang sejenis. Persaingan bisnis makin luas hingga MARI pun menganggap sejumlah vlogger dan influencer di media sosial sebagai pesaing.

Selama ini, loyalitas pendengar radio terbentuk dari beberapa faktor, antara lain, brand radio, musik yang dimainkan dan konten yang disajikan dalam penyiaran radio tersebut sehari-hari.

Untuk itu, langkah aksi korporasi yang diambil saat ini juga dimaksudkan agar menambah portfolio yang memperkuat basis pendengar, memberikan variasi terhadap layanan iklan terintegrasi, juga memberikan pondasi yang solid untuk perubahan pasar. MARI juga siap bersaing dengan hadirnya platform digital dan konvensional yang terintegrasi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini