Jika Gedung DPR Miring 7 Derajat, Bisa Jadi Keajaiban Dunia ke-8

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 07:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 08 470 1841991 jika-gedung-dpr-miring-7-derajat-bisa-jadi-keajaiban-dunia-ke-8-ijWR7PVOH8.jpg Gedung DPR. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Isu tentang gedung DPR yang mengalami kemiringan sebesar 7 derajat ini dipatahkan salam rekomendasi tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tim PUPR menyatakan bahwa gedung DPR tidak mengalami kemiringan, berbeda dengan menara saidah.

Kepala Divisi Uji Kelayakan Stuktur, Laboratorium Struktur dan Material Departemen Teknik Sipil FTUI Josia Irwan Rastandi mengatakan, pernyataan mengenai gedung DPR yang miring ini hanya isu politis saja. “Ah, itu mah politis saja,” ujarnya kepada Okezone.

Dia menjelaskan, hal ini tidak mungkin karena kemiringan 7 derajat merupakan kemiringan yang luar biasa. Menurutnya, besaran 7 derajat ini melebihi kemiringan Menara Pisa sebesar 4 derajat.

Baca Juga: Soal Anggaran Gedung Baru DPR, Begini Pesan Sri Mulyani

“Menara Pisa miring sekitar 4 derajat. Masa gedung DPR dibilang miring, berapa derajat? 7 derajat ya kalau tidak salah? Kalau miring 7 derajat itu sudah jadi keajaiban dunia yang ke-8,” jelas dia.

Dia mengatakan hal itu sangat tidak mungkin, apalagi dengan klaim miring sebesar 7 derajat bukanlah kemiringan yang biasa. Dengan kemiringan yang luar biasa seharusnya sudah terpampang kemiringan gedung DPR.

Baca Juga: Soal Gedung Baru, Sri Mulyani Sarankan DPR Jelaskan Secara Transparan kepada Masyarakat

“Masa gedung DPR dua kali lebih miring dari menara Pisa. Itu hanya akal-akalan saja kalau dibilang miring 7 derajat. Setahu saya dulu PU pun pernah mengukur tapi hasilnya tidak miring” tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini