Image

Presiden Jokowi Minta Proyek Strategi Nasional Tak Dikuasai BUMN

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 16 April 2018 16:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 16 320 1887322 presiden-jokowi-minta-proyek-strategi-nasional-tak-dikuasai-bumn-uJlJDVcWV8.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Presiden Joko Widodo  (Jokowi) meminta agar Proyek Strategis Nasional (PSN) tidak seluruhnya dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anak usahanya. Kepala Negara meminta, para menteri di Kabinet Kerja juga melibatkan sektor swasta terutama dari perusahaan yang ada di daerah. 

"‎Dalam pelaksanaannya saya minta jangan semuanya dilakukan oleh BUMN, jangan juga dikerjakan oleh anak-anak BUMN, libatkan sektor swasta terutama swasta-swasta yang berada di daerah," kata Jokowi dalam arahan Ratas 'Evaluasi Pelaksanaan PSN' di kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Baca Juga : Dalam Setahun, Pemerintah Targetkan Bangun Jalan Baru 2.650 Km hingga Tol 1.000 Km

Lebih jauh, Jokowi meminta agar Kabinet Kerja mulai menyelesaikan masalah pembiayaan dari proyek-proyek pemerintah tersebut. Sebab, tidak mungkin seluruh pengerjaan PSN dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"‎Untuk itu perlu dilakukan model-model pembiayaan alternatif pembiayaan yang kreatif, yang menarik minat investor untuk ikut membiayai PSN," ucap Jokowi.

Baca Juga : Infrastruktur Indonesia di Peringkat 52 Dunia, Apa Masalahnya?

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta PSN yang belum rampung pada tahun ini agar segera diselesaikan. Dengan begitu, kata Jokowi, diharapkan akan berdampak positif ke masyarakat dari setiap proyek yang dikerjakan pemerintah.

"PSN harus terintegrasi dalam rangka pengembangan sektor unggulan yang sedang dikembangkan oleh daerah, misalnya tol laut harus dipastikan dua program ini benar-benar bisa menurunkan via logistik, berdampak pada turunnya harga bahan pokok yang diperlukan rakyat," papar Jokowi. 

 

(feb)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini