nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sirkuit MotoGP Mandalika Masuk Tahap Studi Kelayakan

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 15:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 08 470 2053089 sirkuit-motogp-mandalika-masuk-tahap-studi-kelayakan-yOH03Orje1.jpg

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan feasibility study (FS) alias studi kelayakan untuk pembangunan sirkuit di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Studi kelayakan sekaligus untuk menentukan penetapan lokasi (Penlok) dari Sirkuit Mandalika itu sendiri.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, menurutnya penetapan lokasi sangat penting sebagai permulaan pembangunan Sirkuit MotoGP. Proses FS ditargetkan bisa rampung dalam waktu 6 bulan.

"FS jatuhnya cuma pengembangan jaringan jalan yang ada. Kita desain dulu seperti apa trase lewat mana, kan harus ada Penloknya. FS enggak sampai setahun 6 bulan juga selesai, penlok yang penting," ujarnya kepada Okezone, Rabu (8/5/2019).

Baca Juga: Instagram MotoGP Ungkap Layout Sirkuit Mandalika

Setelah study rampung dan mendapatkan penetapan lokasinya, kemudian pemerintah akan melakukan pembebasan lahan untuk sirkuit MotoGP ini. Untuk sementara ada 17 kilometer tanah yang kurang produktif akan dijadikan sebagai Sirkuit MotoGP Mandalika.

"NTB mungkin di akses Mandalika 2021, lahannya dulu lah lahannya juga belum trasenya kan sudah diputuskan pembebasan dan tanah-tanah yang kurang produktif masuk situ, kalo gasalah 17 km. nanti diliat ke depannya kan belum ada keputusan final," katanya.

Meskipun begitu, Sirkuit Mandalika sudah bisa dipastikan akan digunakan pada MotoGP 2021. Pembangunan jalan untuk sirkuit sendiri ditargetkan akan rampung pada 2020 mendatang

"Tapi yang jelas 2021 rencana sirkuit Grandprix MotoGP itu kita masih punya waktu lah," ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Konstruksi ITDC Ngurah Wirawan mengatakan sirkuit untuk MotoGP di Mandalika akan sedikit berbeda dengan trek balap di negara lain. Sebab sirkuit ini nantinya menyuguhkan pemandangan yang indah mengingat tempatnya sangat dekat dengan pantai.

Baca Juga: Jokowi Bangun Tiga Infrastruktur untuk Jadikan Sirkuit Mandalika Tuan Rumah MotoGP

Sementara di negara lain, biasanya trek balap hanya menyajikan pemandangan gedung-gedung pencakar langit saja. Sebab kebanyakan sirkuit MotoGP terletak di tengah-tengah kota.

Selain itu, untuk tribun penonton akan dibuat di atas bukit sehingga penonton mendapatkan view yang bagus karena bisa melihat seluruh arena balap. Hal tersebut berbedea dengan sirkuit-sirkuit di negara lain yang mayoritas tribun penontonnya berupa tempat duduk yang sudah diatur sesuai nomor tiket.

Ngurah Wirawan menambahkan, bukan berarti sirkuit di Mandalika itu tidak memiliki tribun penonton. Pihaknya akan tetap menyediakan tribun penonton, namun yang unik, ltribun tersebut bisa dibongkar pasang untuk dijadikan lahan komersial. (fbn)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini