nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengembangan Infrastruktur Danau Toba Makin Mantap

Koran SINDO, Jurnalis · Minggu 12 Mei 2019 11:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 12 320 2054647 pengembangan-infrastruktur-danau-toba-makin-mantap-a5XGybXRSk.jpg Ilustrasi Danau Toba

JAKARTA - Pemerintah memastikan pengembangan fasilitas dan infrastruktur pendukung pariwisata di kawasan Danau Toba sebagai salah satu destinasi super prioritas untuk dikembangkan telah berjalan dengan lancar.

Rencana pengembangan kawasan Danau Toba tersebut ditindaklanjuti dengan rapat yang digelar di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Jakarta, Kamis lalu.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, melalui rapat tersebut telah disepakati beberapa hal di antaranya investasi yang telah ditandatangani pada 12 Oktober 2018 sudah ditindaklanjuti dengan pemetaan dan perencanaan implementasi di lapangan.

”Dengan adanya kerja sama ini, para investor akan mulai melakukan pengembangan dengan membangun fasilitas-fasilitas penunjang pariwisata,” ujarnya, melalui keterangan tertulis, Sabtu (12/5/2019).

Dia mengatakan beberapa infrastruktur dan akomodasi yang dikembangkan antara lain hotel dan resor berstandar internasional, MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition ), agro-forestry , pertanian organik, wisata desa, pendidikan tentang pariwisata, dan pemberdayaan sosial ekonomi yang memungkinkan masyarakat di kawasan pariwisata Danau Toba dan sekitarnya menjadi lebih sejahtera.

”Ground breaking investasi tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 28 September 2019, bertepatan sehari setelah hari Pariwisata Internasional,” ungkap Menpar.

Sebelumnya dalam Forum Investasi pada 29-30 April 2019 di Pulau Samosir, Sumatera Utara, Kemenpar mengundang dan membuka peluang bagi investor pariwisata untuk menggarap potensi di Danau Toba dan Kabupaten Samosir.

Hal itu dilakukan sebagai komitmen untuk memajukan pariwisata Danau Toba dan sekitarnya yang merupakan salah satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP) atau ”10 Bali Baru” yang dicanangkan pemerintah.

Danau Aek Natonang di Pulau Samosir yang ada di dalam Danau Toba menjadi salah satu kawasan yang ditawarkan oleh Pemkab Samosir untuk dikelola oleh investor.

Kawasan dengan luas 65 hektare ini rencananya akan dikembangkan sebagai lokasi kebun raya dengan berbagai macam atraksi serta akomodasi.

Ada dua calon investor yang menunjukkan ketertarikannya yakni PT Sekarmas Nusantara yang merupakan pemilik dan pengelola Merapi Park, Yogyakarta, serta PT Artha Prakarana, Jakarta.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini