Mendag Ajak Menteri Korea Makan Siang Nasi Jamblang

Adhyasta Dirgantara, Jurnalis · Rabu 16 Oktober 2019 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 16 320 2117657 mendag-ajak-menteri-korea-makan-siang-nasi-jamblang-he6CPs2J2v.jpg Mendag Ajak Menteri Korea Makan Siang Bersama. (Foto: Okezone.com)

TANGERANG - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak Menteri Energi dan Industri Korea Yoo Myung Hee makan siang bersama. Kesempatan langka itu terjadi usai membuka penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2019.

Baca Juga: Di Depan Wapres, Mendag Pamer Trade Expo Dibiayai Tanpa APBN

Di sebuah meja berkapasitas 12 orang, Mendag Enggartiasto mengajak Menteri Yoo Myung Hee serta beberapa perwakilan dari Korea untuk duduk dan bersantap makan. Salad pun menjadi sajian pertama dari makan siang kali ini.

Mendag Makan Siang dengan Menteri Korea

Terlihat Mendag Enggartiasto bersenda gurau dengan para perwakilan dari Korea sembari menghabiskan saladnya dan menunggu makanan selanjutnya. Beberapa lama kemudian, dihidangkanlah Nasi Jamblang khas Cirebon.

Baca Juga: 300 Pengusaha Arab Saudi Kumpul di Trade Expo Indonesia 2019

Acara makan siang itu setelah keduanya baru saja menyepakati kerjasama ekonomi komprehensif antara Indonesia dengan Korea.

Sebelumnya, Menteri Yoo Myung Hee mengatakan dalam perjanjian kerjasamanya bahwa Indonesia merupakan salah satu partner kunci Korea.

"Indonesia adalah destinasi pertama Korea. Korea mempertimbangkan Indonesia sebagai partner kunci," ucapnya di Hall 1 Indonesia Convention Exhibition Tangsel, Rabu (16/10/2019).

Mendag Makan Siang dengan Menteri Korea

"Thankyou, terimakasih, kamsahamida," kata Enggartiasto.

Sementara itu, Dalam sambutannya di TEI 2019, Enggartiasto mengatakan, bahwa dalam tiga tahun terakhir, TEI dilaksanakan tanpa menggunakan APBN.

"Kami juga rutin melaksanakan trade expo. Dan tiga tahun terakhir, trade expo telah berhasil dilaksanakan tanpa mengeluarkan dana APBN," ujarnya.

Menurutnya, semua ini berhasil dilakukan tanpa dana APBD berkat kerjasama dengan para pengusaha. Dalam acara ini, akan dipamerkan ide-ide cemerlang dari putra-putri bangsa. Untuk hari ini, tokoh-tokoh menghiasi peresmian Trade Expo Indonesia 2019.

Pada kesempatan lainnya, Konsulat Jenderal RI Jeddah M Herry Syarifuddin memperkirakan akan ada sekira 250-300 pengusaha asal Arab Saudi yang akan menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) yang kembali dihelat tahun ini.

Trade Expo Indonesia 2019


Dia melanjutkan, sebanyak 175 pengusaha yang akan datang tersebut telah didata. Pihaknya telah melakukan pendekatan kepada pengusaha-pengusaha tersebut sejak enam bulan lalu.

"Biasanya akan lebih dari jumlah itu. Yang 175 (pengusaha) itu yang aktif kami datangi sejak 6 bulan sebelum ini," jelas dia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini