nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gedung 4 Lantai di Slipi Roboh, Bagaimana Pemeliharaannya?

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 16:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 06 470 2149861 gedung-4-lantai-di-slipi-roboh-ada-imb-dan-slf-GuRfU66fud.png Gedung Roboh di Slipi (Foto: Okezone.com/Fadel)

JAKARTA - Ambruknya gedung empat lantai di kawasan Slipi, Jakarta Barat harus diselidiki lebih lanjut. Hal tersebut untuk mengetahui penyebab dari ambruknya gedung yang menyebabkan beberapa orang terluka tersebut.

Baca Juga: Gedung Lantai 4 di Slipi Ambruk, Pakar Konstruksi: Sebaiknya Dirobohkan

Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia Davy Sukamta mengatakan, ambruknya gedung harus ditinjau kelengkapan dari surat-suratnya. Misalnya saja Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

"Harus dilihat apakah ada IMB dan SLF-nya masih berlaku," ujarnya saat dihubungi Okezone, Jakarta, Senin (6/1/2020).

Jika SLF tersebut habis maka seharusnya gedung tersebut dilakukan pemeliharaan oleh pihak pengelola. Karena dalam mengajukan perpanjangan SLF juga ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi misalnya kondisi gedung yang terbaru.

"SLF diperbaharui sesuai ketentuan. Umumnya proses meliputi penelitian kondisi gedung juga, " ucapnya.

 Gedung Roboh

Setelah dicek surat kelengkapannya, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penyelidikan ke lapangan untuk mengetahui secara akurat penyebab dari ambruknya gedung 4 lantai tersebut. Davy mengaku enggan berspekulasi mengenai penyebab pasti robohnya gedung tersebut karena kemungkinan-kemungkinan pasti akan muncul.

Misalnya saja kemungkinan mengenai kesalahan pada konstruksi. Kemungkinan lain adalah bisa saja ada sumbatan pada lubang drainase di atap sedangkan jumlah orang dan bebannya terlalu besar.

"Tanpa penyelidikan di lapangan sulit untuk menduga sebabnya. Mungkin lubang drainase atap tersumbat? Jadi atap tergenang air dan bebannya berlebih," katanya.

Kemungkinan lainnya adalah bisa saja akibat banjir yang terjadi beberapa hari lalu. Sebab, ada dugaan ambruknya gedung tersebut disebabkan oleh ada tanah yang bergeser.

"Sulit menduga. Harus ditinjau kondisi di lapangan. Apakah tanah tergerus banjir, apakah di tepi sungai, dan sebagainya," ucapnya.

 Gedung Roboh

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini