nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Jadi Trader Sukses? Simak Jurus 3 M Ini

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 20:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 20 278 2155710 ingin-jadi-trader-sukses-simak-jurus-3-m-ini-1MxISnL07h.jpg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Kejelian trader melihat peluang di lantai bursa menjadi penentu kesuksesan mendulang cuan. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui caranya.

Trader, atau seseorang yang berdagang di pasar saham atau pasar valuta asing, sebenarnya mudah dijalankan asalkan memiliki komitmen yang bulat untuk meraih kesuksesan itu. Seseorang bisa menjadi trader yang sukses walaupun tidak punya pengalaman atau latar belakang di bidang finansial. Contohnya yaitu Warren Buffett. Warren Buffett adalah Komisaris, Direktur Utama sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway.

Trader bertangan dingin Dr. Alexander Elder mengemukakan bahwa untuk menjadi seorang trader yang sukses harus mempunyai 3M, yakni mind (mindset), method (metode), dan money (manajemen uang).

Baca Juga: Kompetisi Trading Saham Milenial 'MNC Nation 2019' Banjir Peserta

1. Mindset

Dikutip dari buku yang berjudul "Rahasia Bebas Finansial dengan Berinvestasi di Pasar Modal" karya Hary Suwanda, dijelaskan Mindset

mindset adalah kepercayaan atau cara berpikir yang memengaruhi perilaku dan sikap seseorang. Mindset inilah yang akan menentukan level keberhasilan dalam hidup.

Cara untuk menjadi trader sukses yaitu dengan mengubah mindset dalam diri yang sebelumnya pikirannya menjadi orang awam menjadi pikiran ala trader profesional. Jangan pernah berharap memperoleh hasil profesional jika mindsetnya tetap menjadi orang amatir.

Pekan Kedua Bulan Juli, IHSG Merosot 0,19 Persen  

Apa pun bentuk investasi yang diambil, baik saham, forex, derivatif, atau properti, mereka harus memahami dengan baik investasi yang akan diambil secara rinci.

Potensi mendapatkan keuntungan hanyalah salah satu dari tiga faktor utama dalam mengambil keputusan berinvestasi.

2. Metode

Metode adalah cara yang ditempuh untuk mengembangkan suatu sistem trading. Misalnya seperti cara untuk menemukan peluang trading, membuat keputusan untuk entry (masuk) atau exit (keluar).

Bacalah buku-buku mengenai trading agar menambah wawasan dan pengetahuan, sehingga mempertajam sistem trading.

Pekan Kedua Bulan Juli, IHSG Merosot 0,19 Persen

3. Money

Manajemen keuangan adalah cara atau kiat-kiat yang dibuat dan dilakukan untuk mengoptimalkan keuntungan dan membatasi potensi kerugiannya. Dengan mengatur keuangan, mereka dapat melindungi modalnya dalam merintis perjalanan menjadi trader profesional yang sukses

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini