nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Era Digital, Ternyata Begini Modus Baru Money Laundering

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 22 Januari 2020 06:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 21 320 2156218 era-digital-ternyata-begini-modus-baru-money-laundering-XHX1X0E7tO.jpg Pencucian Uang (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Kini pencucian uang di luar negeri atau money laundering offshore tidak lagi dilakukan secara nyata. Misalnya seperti memanfaatkan inovasi keuangan digital yang pada saat ini sedang tren.

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Kiagus Ahmad Badaruddin mengungkapkan, pelaku upaya pencucian uang di luar negeri tidak hanya menikmatinya dalam bentuk uang tunai atau sesuatu yang nyata. Para pelaku kerap memanfaatkan teknologi informasi dalam mengelola dana ilegal itu.

"Interaksi antar manusia tidak lagi dapat dilihat secara nyata, uang dan mekanisme transaksinya berada pada dunia maya, tidak kelihatan tapi nyata," paparnya di Hotel Bidakara Jakarta.

Akibat dari adanya pemanfaatan teknologi dalam pencucian uang dan pendanaan terorisme yaitu makin meningkatkan risiko tindakan ilegal tersebut.

"Tidak jauh berbeda dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU), pelaku tindak pidana pendanaan terorisme juga memanfaatkan adanya inovasi keuangan digital, seperti penghimpunan dana melalui crowd funding, dan penggunaan virtual currency sebagai sumber kegiatan terorisme," kata Kiagus.

Baca Selengkapnya: PPATK: Saat Ini Memasuki Era Digital Money Laundering

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini