Siasati Rumah Sempit dengan Pemilihan Furnitur yang Tepat

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 02 470 2162204 siasati-rumah-sempit-dengan-pemilihan-furnitur-yang-tepat-Hhw0MAscj2.jpeg Ilustrasi Rumah (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Memiliki rumah dengan lahan terbatas, membuat pemilik atau penghuninya berpikir keras untuk memenuhi furnitur atau kebutuhan dasar terpenuhi.

Dalam sebuah rumah, pastinya ruang tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dan dapur merupakan keharusan. Jika salah satu ruangan tersebut hilang, maka kebutuhan dasar sebuah rumah pasti akan berkurang.

Jika memiliki lahan terbatas untuk membangun rumah, tetapi ingin kebutuhan dasar dapat terpenuhi haruslah menyusun strategi untuk menata hunian yang seefisien mungkin.

Baca Juga: Cermati 3 Hal Ini saat Tentukan Tema dan Interior Rumah

Menurut buku ‘Gaya dan Tema Rumah Mungil’ karya Imelda S. yang terbit tahun 2005, Minggu (2/2/2020), pada hakikatnya setiap rumah dapat memenuhi tuntutan dari segi fungsi dan estetika.

Dari segi fungsi, rumah dapat berfungsi sebagai tempat yang sehat dan nyaman untuk setiap kegiatan penghuni rumah. Adapun dari segi estetika atau keindahan, tuntutan dari segi fungsi itu diselaraskan dalam desain yang indah, selaras, dan harmonis sehingga menambah kenyamanan penghuninya.

Desain Rumah Sehat untuk Kawasan Kumuh

Terdapat juga langkah tepat untuk menciptakan estetika penataan interior yang selaras dan harmonis. Pertama, memperhatikan tata letak sehingga arus sirkulasi di dalam ruang tidak terhalang.

Kedua, pemilihan ukuran furnitur yang akurat dan sesuai dengan proporsi setiap ruang. Terakhir ialah penggunaan tema dan gaya interior sebagai konsep dasar menata.

Penggunaan tema dan gaya interior sangat mempengaruhi terciptanya estetika dalam desain interior. Tema dan gaya yang dipilih berfungsi sebagai penyambung yang menjadi patokan konsep hingga detail interior rumah.

Baca Juga: Cara Mudah Desain Rumah Mungil Terlihat Estetik

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini