nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Sri Mulyani Kejar Ekonomi Jawa Tengah di 7%

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 20:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 14 20 2168692 ini-cara-sri-mulyani-kejar-ekonomi-jawa-tengah-di-7-PrGs22fp9Q.jpg Sri Mulyani (Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah melakukan rapat koordinasi Jawa Tengah. Di mana, rapat tersebut untuk strategi mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah di 7%.

Menurutnya, Jawa Tengah punya angkatan kerja yang sangat besar. Akan tetapi, kemampuan dari mereka yang berpendidikan tingginya masih kecil.

 Baca juga: Inflasi Terus Terjaga, BI: Jadi Momentum Pertumbuhan Ekonomi

"Jadi ini yang harus kita pikirkan bersama bagaimana memperbaikinya," ungkap Sri dalam unggahan Instagramnya, Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Dirinya menjabarkan, adapun industri yang memiliki keunggulan kompetitif dari segi tenaga kerja di Jawa Tengah antara lain furnitur, pakaian jadi, tekstil, pengolahan tembakau, kertas dan barang dari kertas, barang dari karet dan plastik. Namun industri yang memiliki keunggulan komparatif dibandingkan regional lainnya adalah furnitur, pakaian jadi, tekstil, dan pengolahan tembakau.

 Baca juga: Presiden Jokowi Teken Perpres soal RPJMN 2020-2024

"Industri-industri tersebut yang selama ini juga menopang produksi manufaktur Provinsi Jawa Tengah," ujarnya.

Oleh sebab itu, Pemerintah daerah diharapkan lebih aktif dan inovatif dalam mengembangkan potensi dan kapasitas daerah. "Sehingga pertumbuhan ekonomi daerah semakin kuat dan peluang investasi semakin terbuka lebar," ujarnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini