nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Langkah Susun Portofolio Saham agar Cuan Maksimal

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 19 Februari 2020 11:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 19 278 2170741 4-langkah-susun-portofolio-saham-agar-cuan-maksimal-XUtD6Pra7i.jpg Bursa Saham (Shutterstock)

JAKARTA - Berinvestasi di pasar saham sekilas merupakan hal yang mudah. Tapi, apa benar sesederhana ini untuk mendapatkan cuan.

Kebanyakan orang cenderung membeli saham yang sudah dikenal atau pernah mendapatkan keuntungan. Tetapi, apa hal ini benar?

 Baca juga: Inilah 4 Produk Baru Bursa Efek Indonesia

Paling tidak, ada 4 hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan portofolio yang optimal, tentunya yang bisa menghadirkan profit.

Pertama, jangan overconfident dan investasi hanya pada satu saham saja. Kedua, lakukan diversifikasi terhadap beberapa saham yang berbeda sektor.

 Baca juga: Bisnis dengan Modal dari Kartu Kredit? Kelola Uang dengan Baik

"Karena merasa paham, orang menjadi over confident sehingga tidak melakukan diversifikasi atau menyebar risiko ke dalam beberapa saham ataupun instrumen investasi lainnya," tulis Bursa Efek Indonesia dalam akun Twitter @IDX_BEI, Rabu (19/2/2020).

Ketiga, kenali fundamental saham yang akan dimiliki. Dan keempat, evaluasi saam pada portofolio secara berkala. Dengan ini, kata dia, risiko investasi akan berkurang sehingga bisa bertahan lebih lama di pasar keuangan.

"Setiap investor memiliki portofolio optimal masing-masing ya guys. Persiapkan dirimu dengan terus belajar investasi yang benar agar menjadi investor yang sukses," cetus dia.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini