nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanaman Vetiver Akan Dimanfaatkan di Setiap Infrastruktur, Untuk Apa?

Irene, Jurnalis · Sabtu 14 Maret 2020 19:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 14 320 2183277 tanaman-vetiver-akan-dimanfaatkan-di-setiap-infrastruktur-untuk-apa-MVBoFffZCC.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memberi instruksi terkait pemanfaatan tanaman vetiver atau akar wangi di berbagai infrastruktur yang dibangun Kementerian PUPR. Tanaman ini diklaim memiliki banyak manfaat.

Melansir unggahan Instagram resmi Kementerian PUPR, Jakarta, Sabtu (14/3/2020) manfaat tersebut antara lain untuk perbaikan lingkungan dan mencegah tanah longsor. Adapun infrastruktur yang dimaksud adalah waduk, tanggul sungai, dan tebing jalan.

Basuki mengatakan pemerintah pun telah mencanangkan tanaman vetiver ini sebagai senjata pencegahan tanah longsor. Pencegahan longsor ini dapat diterapkan di tanggul sungai maupun lereng.

"Pemerintah telah mencanangkan tanaman vetiver untuk mencegah longsor, termasuk bisa dimanfaatkan untuk mencegah lonsgor di tanggul-tanggul sungai dan di lereng/tebing jalan nasional dan jalan tol,” kata Menteri Basuki.

Berkaitan dengan peringatan Hari Air Dunia, Basuki juga menuturkan harapannya agar acara tersebut tak sekadar seremoni. Melainkan peringatan hari air ini dapat menjadi pengingat akan pentingnya pengelolaan sumber daya air.

"Bertepatan dengan peringatan Hari Air Dunia 2020, saya harapkan tidak hanya seremoni saja namun mengingatkan betapa pentingnya pengelolaan Sumber Daya Air di Indonesia," katanya.

Selain itu, Basuki juga mengungkit terkait peristiwa banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal ini dinilainya adalah tanda perubahan iklim imbas kerusakan lingkungan.

"Beberapa hari lalu banjir dan longsor di sejumlah daerah yang menandakan fenomena perubahan iklim akibat kerusakan lingkungan," ujar Basuki.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini