Share

Peringati Hari Anak Nasional, Menko Luhut: Keluarga Harus Jadi Rumah Pertama

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 320 2251018 peringati-hari-anak-nasional-menko-luhut-keluarga-harus-jadi-rumah-pertama-AHxoGfc3M5.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 Juli 2020, tepat hari ini. Para pejabat di Indonesia turut memperingatkan hari tersebut, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam memperingatkan hari tersebut, Menko Luhut menyebut salah satu warisan terbaik yang bisa diberikan kepada anak-anak adalah pendidikan.

"Bagi saya, pendidikan pertama seorang anak adalah kedua orang tuanya. Dari sosok ayah, anak mendapatkan pengetahuan tentang ketangguhan dan karakter kuat. Dari sosok ibu, anak mendapatkan pengetahuan tentang kasih sayang dan budi pekerti luhur," ujar Luhut dalam akun resmi instagramnya, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Baca Juga: HAN 2020 : 857 Napi Anak Dapat Remisi dan Program Sekolah Mandiri

Untuk itulah, lanjut dia peran mendidik anak bukan hanya dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi perlu kerjasama yang kompak oleh kedua orang tua.

"Saya pikir keluarga harus jadi rumah yang pertama dan utama dalam untuk perlindungan anak. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, di mana anak-anak juga ikut terdampak secara sosial dalam proses belajar dan pengasuhan," ungkap dia.

Namun, dirinya ingin hal ini tidak serta merta bisa mengurangi perhatian dan kasih sayangnya terhadap anak. Dirinya pikir seharusnya menjadi kesempatan bagi kedua orang tua bagaimana menciptakan ruang yang aman, terlindungi.

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Ini Tips Dukung Tumbuh Kembang si Kecil agar Aktif

"Serta menggembirakan bagi anak-anak dalam proses tumbuh kembang mereka," jelas dia.

Kemudian, tutur dia, karena hanya dengan berada di lingkungan pengasuhan yang aman, nyaman, dan gembira, anak-anak Indonesia bisa mengeluarkan potensi terbaik dalam dirinya untuk menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan tangguh.

"Selamat Hari Anak Nasional 2020, Anak terlindungi, Indonesia Maju," tandas dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini