BLT Subsidi Gaji Cair Lagi, Nabung untuk Resesi

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 622 2293994 blt-subsidi-gaji-cair-lagi-nabung-untuk-resesi-gHmW1iSvgo.jpeg Tips Mengatur Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Mendapatkan bantuan susbsidi gaji dari pemerintah sebesar Rp1,2 juta harus disyukuri. Karena artinya, ada uang bulanan yang bisa dihemat sebesar dengan bantuan yang diterimanya.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan, meskipun sifatnya bantuan namun harus tetap diatur dengan baik. Sehingga bantuan yang diterima ini tidak terbuang dengan sia-sia.

Baca Juga: Kabar Gembira, BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta Gelombang 2 Ditransfer Akhir Oktober

Dengan mendapatkan bantuan ini, maka orang tersebut bisa menghemat uang bulanannya karena sudah dibackup oleh bantuan pemerintah. Uang tersebut juga nantinya bisa digunakan untuk menabung.

Sebagai ilustrasi, jika dalam sebulan biasanya menggunakan gajinya sebesar Rp600.000 untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makan, maka dengan adanya bantuan ini, uang tersebut bisa ditabung. Karena kebutuhan makan bisa digunakan dari uang bantuan yang diberikan pemerintah.

Baca Juga: Hore, BLT Subsidi Gaji Sudah Ditransfer ke 10 Juta Rekening Pekerja

Atau contoh lainnya, jika dalam sebulan pengeluaran untuk makan adalah Rp1,5 juta. Maka dengan mendapatkan bantuan ini, penghasilan yang terpakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hanya Rp900.000 saja.

"Berarti yang harus kita pikirkan oh berarti mungkin kita bisa saving 600.000 itu," ujarnya saat dihubungi Okezone, Kamis (15/10/2020).

 

Oleh karena itu lanjut Andi, dirinya menyarankan agar bantuan tersebut digunakan untuk kebutuhan yang sangat penting. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membeli bahan pokok atau makanan-makanan sehat.

Atau bisa juga digunakan untuk membeli barang atau alat pelindung diri dan menjaga imunitas. Seperti digunakan untuk membeli masker, face shield, atau vitamin untuk menjaga imunitas tubuh.

"Karena orientasinya namanya bantuan untuk backup kebutuhan sehari-hari," kata Andi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini