Pelaku Pasar Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19

Michelle Natalia, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 278 2309942 pelaku-pasar-waspadai-kenaikan-kasus-covid-19-9re9NMFKM2.jpg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Pelaku pasar berhati-hati karena lonjakan kasus covid 19 di berbagai Negara. Dari penghitungan Reuters menunjukkan kasus virus Covid 19 telah naik lebih dari 100% di 13 negara bagian Amerika dalam dua pekan terakhir.

Baca Juga: Efek Biden Berakhir, IHSG Siap Terkoreksi

Direktur Investasma Hans Kwee mengatakan terkait kenaikan kasus tersebut beberapa Negara bagian mulai melakukan pembatasan aktivitas.

"Negara bagian Chicago mengeluarkan peringatan untuk warganya tetap tinggal di rumah dan Negara bagian New York menerapkan jam malam bagi restoran, bar dan pusat kebugaran sebagai upaya untuk menurunkan penyebaran covid19," kata Hans Kwee di Jakarta, Minggu (15/11/2020).

 

Pembatasan kegiatan sosial dapat menurunkan pemulihan ekonomi sehingga berpotensi mendorong stimulus fiskal dan moneter lebih besar.

"Setelah peningkatan kasus covid 19 yang diikuti pembatasn kegiatan sosial," katanya.

Lalu, peningkatan kasus covid 19 terjadi di sebagian Negara Eropa di tengah musim dingin beberapa bulan ke depan. Jumlah total kasus di Prancis naik menjadi 1,95 juta, Spanyol 1,49 juta kasus, Italia melampaui angka 1,1 juta infeksi dan Inggris menjadi negara pertama di Eropa yang mencatatkan lebih dari 51 ribu kematian.

"Sebagian Negara di Zona Eropa menerapkan pembatasan substansial pada kehidupan sehari-hari yang diperkirakan akan berdampak pada aktivitas ekonomi. Hal ini mendorong kemungkinan zona Eropa kembali mengalami pertumbuhan negative pada kuartal ke 4 tahun ini," katanya.

Nantinya, Bank Sentral Eropa (ECB) diperkirakan akan memberikan lebih banyak stimulus pada bulan Desember 2020.

(kmj)
1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini