Menko Airlangga Beberkan Sentimen Positif untuk Perekonomian 2021

Michelle Natalia, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 320 2337342 menko-airlangga-beberkan-sentimen-positif-untuk-perekonomian-2021-jlXtpTHEVw.jpg Menko Airlangga Hartarto. (Foto: Okezone.com/Kemenko)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, pelaku pasar masih memiliki optimisme tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi seiring terjadinya kesepakatan dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok.

Menteri Koordinator Bidang Perekinomiian Airlangga Hartato mengatakan, seluruh strategi dan kebijakan pemerintah berhasil memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia dan mengendalikan pandemi Covid-19 di 2020.

Baca Juga: Sambut Pemulihan Ekonomi di 2021, Jokowi: Kita Harus Berhasil Atasi Covid-19

“Tentunya rencana pelaksanaan vaksinasi massal di tahun 2021 juga akan memberikan sentimen positif untuk perekonomian di tahun depan," kata Airlangga dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (1/1/2021).

Lanjutnya perbaikan didukung oleh peningkatan daya beli masyarakat, aktivitas produksi, dan kepercayaan masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi dengan protokol kesehatan 3M.

Baca Juga: Erick Thohir Maknai 2020, Kedisiplinan dan Keyakinan

"Namun, kita tetap perlu mencermati risiko peningkatan kasus Covid-19 yang muncul dari varian virus Corona yang baru. Marilah kita jaga semangat untuk tetap melewati pandemi ini dengan selamat,” tutupnya.

Saat ini, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai kebijakan dan strategi untuk yang bersinergi menguatkan sektor kesehatan dan ekonomi. Misalkan melalui UU No. 2 Tahun 2020 sebagai langkah akselerasi penanganan pandemi dan penguatan stabilitas sistem keuangan. Dari sisi kesehatan, pengadaan vaksin dan penerapan protokol kesehatan 3M menjadi prioritas. Sementara itu, anggaran sebesar Rp695,2 triliun juga disediakan untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Dengan Program PEN dan adaptasi kebiasaan baru, aktivitas ekonomi mulai meningkat. Kinerja pasar uang dan saham juga telah membaik, serta capital flow sudah mulai positif,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini