Populer di Tengah Pandemi, Budidaya Ikan Hias Janjikan Keuntungan Besar

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 06:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 10 455 2342080 populer-di-tengah-pandemi-budidaya-ikan-hias-janjikan-keuntungan-besar-0Itji1zAm0.jpg Budidaya Ikan Hias (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Pada masa pandemi Covid-19, ikan hias menjadi tren di masyarat dan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan untung besar. Diketahui, Ikan Hias menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia dalam menopang perekonomian masyarakat.

Data mencatat dalam beberapa tahun terakhir, produksi ikan hias nasional terus mengalami peningkatan. Dari 1,19 miliar ekor pada tahun 2017 menjadi 1,22 miliar ekor di tahun 2018, hingga tumbuh menjadi 1,28 miliar ekor dengan nilai mencapai Rp19.81 miliar pada tahun 2019.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto menyatakan bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan terus mendorong sektor usaha produktif seperti budidaya ikan hias. Hal ini karena budidaya ikan hias telah terbukti meningkatkan kesejahteraan pembudidaya.

“Seperti kita ketahui bersama, pandemi Covid 19 telah menekan berbagai sektor usaha, namun juga membuka berbagai peluang usaha baru bagi sebagian orang. Bisnis budidaya ikan hias termasuk salah satu peluang usaha baru yang banyak dilirik oleh masyarakat karena menjanjikan keuntungan yang besar apabila ditekuni," jelas Slamet di Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Selain itu, Slamet juga menilai pemasaran produk perikanan seperti ikan hias turut dipermudah oleh kemajuan internet dan teknologi digital. Terlihat dari banyaknya masyarakat yang lebih memilih belanja secara online di tengah kondisi pandemi.


Baca Selengkapnya: Raup Cuan di Tengah Pandemi, Budidaya Ikan Hias Janjikan Keuntungan Besar

(dni)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini