Dear Bunda, BLT Ibu Hamil Rp3 Juta Maksimal 2 Kali Hamil

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 320 2343276 dear-bunda-blt-ibu-hamil-rp3-juta-maksimal-2-kali-hamil-9eqebpXSe8.jpg BLT (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) telah mengucurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Berbagai Bantuan Langsung Tunai (BLT) pun diberikan untuk melindungi masyarakat terdampak wabah corona.

Melalui Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial (Kemensos), tahun ini memberikan berbagai macam BLT di antaranya BLT anak sekolah, BLT ibu hamil dan balita, BLT lansia dan BLT penyandang disabilitas.

Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK) Rachmat Koesnadi mengatakan, BLT untuk ibu hamil memang ada. Tapi persyaratanya yaitu harus hamil dua kali.

"BLT ibu hamil itu maksimal dua kali hamil untuk mendapatkan BLT," kata Rachmat saat dihubungi di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga: Ibu Hamil Dapat BLT Rp3 Juta, Cek Syaratnya 

Kata dia, BLT ibu hamil setiap perbulannya mencapai Rp750.000. Nantinya selama tahun ibu hamil mendapatkan BLT mencapai Rp3 juta.

"Selama setahun ibu hamil dapat BLT sebesar Rp3 juta totalnya. Dan sudah kita cairkan," jelasnya.

Lanjutnya, dia memastikan 34 provinsi Indonesia akan mendapatkan bansos tunai tersebut. Adapun BLT untuk ibu hamil masuk dalam kategori program harapan keluarga (PKH).

"34 provinsi akan dapat semuanya karena masuk program PKH untuk ibu hamil," tandasnya.

Bantuan PKH disalurkan melalui empat tahap, dimulai dari Januari, April, Juli, dan Oktober. Rincian bantuan meliputi Bantuan tunai untuk ibu hamil sebesar Rp3 juta, anak usia dini Rp3 Juta, Penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta, dan lansia 70 tahun ke atas Rp2,4 Juta.

Anak sekolah juga mendapat bantuan sebesar Rp900 ribu untuk SD/MI/Sederajat, Rp1,5 juta bagi SMP/MTs/Sederajat, serta Rp2 juta untuk SMA/MA/Sederajat. Pemerintah telah menunjuk sejumlah bank negara sebagai penyalur yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini