Waspada Penipuan Form Online Banpres Usaha Mikro

Alya Ramadhanti, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 320 2345445 waspada-penipuan-form-online-banpres-usaha-mikro-qOm177QXhp.jpeg Waspada Penipuan Banpres Usaha Mikro. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA – Pemerintah mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap maraknya penipuan yang mengatasnamakan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk Usaha Mikro di medai sosial.

Banyak pula beredar informasi yang menjanjikan bantuan untuk pelaku UMKM dengan mengisi data identitas pribadi dalam form online.Hal ini tentu harus diwaspadai, sebab siapapun bisa membuat formulir online dan menyalahgunakan data yang diberikan.

Baca Juga: BLT Dana Desa Cair Lagi, Disalurkan dalam 2 Tahap

Oleh karena itu, Kementerian Koperasi dan UKM mengimbau untuk berhati-hati dalam menerima informasi atau pun membagikan data pribadi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Melalui postingan Instagram @kemenkopukm, Sabtu (16/1/2021) menegaskan, Kementerian Koperasi dan UKM tidak pernah meminta data pribadi secara langsung kepada calon atau penerima Banpres Produktif.

Baca Juga: 8 Fakta Berbagai BLT Cair, Ibu Hamil Rp3 Juta hingga Anak Sekolah Rp3,4 Juta

Informasi Program Banpres Produktif Usaha Mikro hanya akan diumumkan di website resmi www.kemenkopukm.go.id. Serta pendaftaran calon penerima hanya dilakukan melalui lembaga pengusul, meliputi Dinas Koperasi, UKM , dan lembaga yang telah ditunjuk pemerintah.

Jadi jangan berikan data pribadi melalui alamat website manapun yang mengatasnamakan program Bansos Produktif Usaha Mikro. Jaga baik-baik nomor NIK, tempat/tanggal lahir, nama ibu kandung, dan informasi pribadi lainnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini