Share

Perjuangan Lawan Covid-19 Belum Berakhir, Menko Airlangga: Atur Gas dan Rem

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 26 Januari 2021 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 320 2350953 perjuangan-lawan-covid-19-belum-berakhir-menko-airlangga-atur-gas-dan-rem-EvQHP9BoQa.jpg Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan perjuangan lawan pandemi belum berakhir. Di tahun 2021, pandemi masih bersama dan perlu cari jalan keluar agar pandemi bisa diatasi.

"Perjuangan lawan Covid-19 belum berakhir.Kita seimbangkan sesuai arahan presiden antara gas dan rem. Kita perlu melihat dan terus membangkitkan semangat di sektor ekonomi," kata Airlangga dalam video virtual, Selasa (26/1/2021).

Lalu, pemerintah terus komitmen dukung pada program pemulihan ekonomi (PEN) dan penanganan Covid. Kata dia, Kementerian Keuangan pun sudah melakukan pendataan dan angka terkait dengan alokasi PEN di 2021 ini besarnya Rp553 triliun.

"Artinya pemerintah sudah melihat, pemulihan ekonomi di 2021 ini memerlukan support yang sama dengan tahun 2020 karena dilihat pandemi," katanya.

Dia pun optimisme pemulihan ekonomi nasional itu sudah terlihat dari naiknya indeks kepercayaan konsumen yang telah menyentuh angka 96,5% dari target 100%. Menurutnya, kondisi ini akan semakin membaik jika perekonomian di masyarakat terus bergeliat dan UMKM berkontribusi pada pergerakan perekonomian.

Baca Juga: Menko Airlangga: Vaksin Mandiri Gratis, Tak Ada Komersialisasi

Pemerintah sendiri telah meningkatkan plafon KUR menjadi Rp253 triliun pada tahun ini. Jumlah itu naik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp220 triliun. Selain itu, pemerintah tetap memberikan subsidi bunga sebesar Rp7,6 triliun, sehingga para pelaku UMKM hanya perlu mengangsur bunga kredit sebesar 3% selama 6 bulan.

โ€œBahkan, bagi yang terkena dampak yang ingin memulai usaha, disiapkan fasilitas bunga nol persen dengan maksimal pinjaman Rp10 juta rupiah," tandasnya.

Baca Juga: Bangga UGM Bikin Alat Deteksi Covid-19, Airlangga: Pemerintah Dukung Inovasi!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini