Anomali Gerak IHSG, Transaksi Jual Beli di Pasar Modal Kian Tinggi

Aditya Pratama, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 278 2355629 anomali-gerak-ihsg-transaksi-jual-beli-di-pasar-modal-kian-tinggi-qeeIoAqlvd.jpg IHSG (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam beberapa waktu terakhir mengalami fenomena naik dan turun.

Melihat hal tersebut, Equity Research Analyst PT Panin Sekuritas Ishlah Bimo Prakoso menyebut bahwa fenomena IHSG saat ini disebut cukup anomali, yang mana telah memasuki era informasi yang beredar sangat cepat.

Baca Juga: 209 Saham Menguat, IHSG Dibuka Naik ke Level 6.091

"Bisa bilang cukup anomali karena, satu kita sekarang memasuki era di mana informasi bisa beredar sangat cepat di mana hal ini mendorong kegiatan jual beli di pasar modal semakin tinggi," ujar Bimo dalam acara Market Opening IDX Channel, Rabu (3/2/2021).

Selain itu, dengan adanya kebangkitan dari investor ritel di Tanah Air juga memberikan pengaruh. Saat ini kondisi investor berbeda dengan kondisi jauh sebelumnya, dimana saat ini investor ritel semakin sadar tentang pasar modal.

Baca Juga: Kekuatan IHSG Kembali, Bertahan di Level 6.000

"Makanya disini kita lihat (investor ritel) banyak mendrive dari jumlah transaksi dan juga dari nilai transaksinya, makanya disini kita bisa melihat volatilitas yang cukup tinggi," kata dia.

Namun, dia mengingatkan kepada investor mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti kehati-hatian dalam bertransaksi karena jika masih berbasis terhadap ekspektasi maka risiko yang dimiliki menjadi buruk.

"Jadi, sebetulnya concern-nya memang investor dari individual yang makin meningkat dan perlu ada awareness yang lebih lagi. Udah bagus awareness nya untuk pasar modal, hanya kalau ada effort yang lebih untuk dari knowledge understanding nya sebetulnya itu jauh lebih baik lagi," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini