IHSG Anjlok, Investor Harus Siap-Siap Mental

Aditya Pratama, Jurnalis · Senin 05 April 2021 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 05 278 2389386 ihsg-anjlok-investor-harus-siap-siap-mental-zCQZlrUwG8.jpg IHSG Melemah. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)

JAKARTA - Dalam dua pekan perdagangan terakhir Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami penurunan signifikan. Per 22 Maret, Indeks masih berada di level 6.301, namun pada penutupan perdagangan 1 April lalu indeks berada di level 6.011

Dengan adanya penurunan tajam yang dialami IHSG turut mempengaruhi portofolio saham para investor, termasuk saham yang dimiliki investor ritel. Salah satu investor ritel, Sandry menyebut bahwa portofolio saham yang dimilikinya turut mengalami penurunan seiring dengan penurunan IHSG.

Baca Juga: Awali Perdagangan, IHSG Dibuka Melemah 0,14% ke 6.002

"Kalau minus di portofolio saya ada, tapi tidak terlalu signifikan. Total semua kira-kira 10%, karena sahamnya beberapa di sektor tambang sama konstruksi," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Senin (5/4/2021).

Meskipun portofolio sahamnya mengalami penurunan, Sandry mengaku tidak melakukan cutloss atau penjualan saham yang dimiliki untuk menghindari kerugian yang lebih besar, sebab dia masih yakin portofolio saham miliknya masih bisa naik kembali.

"Ga di cutloss, soalnya masi yakin besok- besok bisa naik. Ya siap mental aja liat grafiknya turun," kata dia.

Baca Juga: Diprediksi Menguat, IHSG Bergerak pada Level 5.940-6.081

Dengan menurunnya IHSG ke level 6.011, dia menyebut memiliki rencana untuk menambah investasi pada portofolio saham yang dimiliki.

"Rencana nambah ada kok. Anggap aja kaya nabung, karena sambil belajar memahami saham juga. IHSG ga masalah naik turun selama kita yakin saham perusahaan yang kita kumpulin cakep performanya," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini