4 Foto Penampakan Jalan Tol Sheikh Mohamed Bin Zayed, yang Sebelumnya Bernama Japek

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 12 April 2021 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 320 2393277 4-foto-penampakan-jalan-tol-sheikh-mohamed-bin-zayed-yang-sebelumnya-bernama-japek-rklCfzKmsN.jpg Jalan Tol Layang MBZ. (Foto: Okezone.com/PUPR)

JAKARTA - Tol Jakarta - Cikampek II (Elevated) resmi berganti nama menjadi Tol Sheikh Mohamed Bin Zayed. Peresmian nama jalan tol tersebut dilakukan Menteri Sekretaris Negara Pratikno di lokasi akses masuk Jalan Layang Tol Arah Cikampek Km 10 A Jakarta – Cikampek.

Menurut Pratikno, pemeberian nama tol tersebut ada beberapa alasan. Seperti, hubungan diplomatik antara Indonesia dan UEA yang semakin membaik. Adapun hubungan kedua negara ini sudah terjadi lebih dari 45 tahun atau terjadi sejaj 1976.

“Hubungan diplomatik antara Indonesia dan UEA lebih dari 45 tahun sejak 1976 dan hubungan antara dua negara dan bangsa semakin lama semakin akrab baik di bidang sosial dan kebudayaan maupun ekonomi,” jelasnya.

Berdasarkan foto-foto dari Kementerian PUPR, Senin (12/4/2021), peresmian perubahan nama jalan layang tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Duta Besar Uni Emirat Arab untuk indonesia Abdulla Salem Obaid Al Dhaheri, Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis, dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur.

tol mbz

Adapun latar belakang pemberian nama Jalan Layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed adalah penghormatan bagi Uni Emirat Arab (UEA) yang telah menjalin hubungan diplomatik di bidang sosial dan budaya dan ekonomi selama 45 tahun dengan Indonesia. Di bidang ekonomi UEA merupakan salah satu negera dengan investasi terbesar di Indonesia khususnya di bidang infrastruktur.

Jokowi Street

(Foto: Nama Presiden Joko Widodo menjadi nama salah satu jalan tol strategis di negara penghasil minyak tersebut, Setkab)

Perubahan nama ini ditetapkan melalui Keputusan Menteri PUPR nomor 417 KPTSM tanggal 8 April 2021 lalu. Dimana keputusan tersebut menetapkan nama jalan tol Jakarta Cikampek II Elevated menjadi jalan layang Sheikh Mohamed Bin Zayed.

tol mbz

Jalan tol Jakarta Cikampek II elevated ini memiliki panjang 36,4 kilometer, di mana konstruksinya dikerjakan sejak awal 2017 dan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Desember 2019 lalu.

tol mbz

Jalan Tol Jakarta - Cikampek II (Elevated) merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia yang membentang panjang dari wilayah Junction Cikunir hingga Karawang Barat dan melintasi beberapa bangunan perlintasan eksisting berupa Overpass, Jembatan Penyebrangan Orang (JPO), atau Simpang Susun pada Jalan Tol Jakarta - Cikampek eksisting.

Sehingga pada konstruksinya telah dilakukan penyesuaian berupa peninggian elevasi struktur elevated dengan tetap memperhatikan kualitas pemenuhan ketentuan dan persyaratan teknis yang berlaku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini