IHSG Melemah Usai BI Tahan Suku Bunga, Sentimen Positif Minim

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 278 2397918 ihsg-melemah-usai-bi-tahan-suku-bunga-sentimen-positif-minim-Ds4Ne08Fyf.jpg Saham (Shutterstock)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,23% atau turun 14,2 poin di level 6.038,3 pada penutupan perdagangan. IHSG terus bergerak di zona merah sejak pembukaan perdagangan.

Investment Specialist Mega Capital Indonesia Liyanto Sudarso mengatakan, sentimen positif dari dalam negeri maupun luar negeri sudah tidak banyak. IHSG diperkirakan masih akan cenderung flat selama beberapa hari ke depan.

 Baca juga: IHSG Tak Berhasil Keluar dari Zona Merah, Turun 0,2% ke 6.038

Meski begitu, dia menilai bahwa sejumlah data sudah mulai menunjukkan daya beli masyarakat mulai menggeliat.

"PMI sudah menyentuh angka 53 poin, begitu juga data impor yang mulai membaik dan penjualan mobil yang naik signifikan karena adanya relaksasi pajak. Walaupun kondisi IHSG masih cenderung seperti ini, tapi saya percaya bahwa di kuartal II nanti akan lebih bagus daripada kuartal sebelumnya," ujarnya pada closing market IDX Channel, Selasa (20/4/2021).

 Baca juga: IHSG Anjlok Nyaris 1% Jeda Siang Ini

Dia melanjutkan, momentum Ramadan dan Idulfitri akan menjadi pendorong daya beli masyarakat meski masih ada pembatasan sosial. Pemerintah juga akan mengakselerasi belanja negara pada pertengahan tahun.

"Jadi sebenarnya masih menarik. Jadi pesan saya agar investor sabar dan cermat memilih saham. Kondisi di tahun 2021 ini tidak seperti di tahun lalu," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini