Penyaluran Bansos Mei-Juni Dirapel untuk Lebaran

Hafid Fuad, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 320 2397642 penyaluran-bansos-mei-juni-dirapel-untuk-lebaran-iFVP2LARcn.jpg Penyaluran Bansos Dirapel untuk Lebaran. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan akan tetap menjaga daya beli masyarakat di tengah larangan mudik Lebaran 2021. Pemerintah pun siap rapel bantuan sosial sebagai kompensasi.

"Ada rencana pemberian Bansos akan dirapel Mei-Juni untuk Lebaran demi menjaga daya beli. Jadi masyarakat bisa menikmati Lebaran," ujar Muhadjir dalam webinar yang digelar Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) di Jakarta (20/5/2021).

Baca Juga: Ingat! BLT UMKM Rp1,2 Juta Akan Disalurkan di 3 Bank

Dia juga menjanjikan penyaluran bansos dilakukan pada awal Mei sehingga masyarakat dapat bersiap-siap untuk kebutuhan lebaran. Dirinya mengakui bila Pemerintah terus mencari titik optimum antara pertumbuhan ekonomi dan kenaikan angka Covid-19. Hal ini yang membuat Pemerintah mengambil keputusan meniadakan mudik karena dikhawatirkan akan terjadi kenaikan positif covid19 yang eksponensial pasca Lebaran.

Baca Juga: Bukan Pelaku Usaha Mikro Jangan Ngarep Dapat BLT UMKM Rp1,2 Juta

"Kita bikin hitungan untuk mencapai titik optimum, walaupun sifatnya juga setengah spekulasi," katanya.

Ketentuan larangan mudik berlaku mulai 6 Mei-17 Mei 2021. Sebelum dan sesudah tanggal itu, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan dan kegiatan ke luar daerah atau mudik lebaran 2021 kecuali mendesak dan perlu.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini